Rab. Agu 21st, 2019

Lintas Nusantara

Berani Mengungkap Kebenaran

Pemekaran DOB Sumsel Masih Menunggu RPP

Sumsel- LN –Nampaknya upaya pemekaran daerah otonomi baru (DOB) yang diusulkan sejumlah daerah seluruh Indonesia belum ada kepastian untuk mendapat persetujuan pemerintah pusat.

Termasuk usulan DOB Kabupaten Kikim Area, Pantai Timur, dan Gelumbang Provinsi Sumatera Selatan.
Pasalnya hingga sekarang moratorium yang keluarkan Kementerian Dalam Negeri RI hingga kini belum dicabut.

Baca Juga. Mulyani Gadis yang Sangat Memprihatinkan Butuh Uluran Tangan Para Dermawan

DPP Amukti Palapa Nusantara, Mengelar Pelantikan Di Nusa Tengara Barat

Padahal sedikitnya 237 usulan pemekaran provinsi kabupaten kota se Indonesia yang sudah diajukan ke pemerintah pusat.

Sebagaimana dikatakan Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Drs. H. Ahmad Rizali, MA yang saat ini merangkap sebagai Plt. Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov. Sumsel di ruang kerjanya (10/6).

Mengatakan, hingga sekarang Moratorium yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri belum dicabut, untuk itu, katanya semua usulan pemekaran DOB belum mendapat persetujuan pemerintah pusat.

“Karena moratorium dari Kemendagri belum dicabut, maka semua usulan untuk pemekaran daerah baru belum dapat dilanjutkan,” kata Ahmad Rizali seraya menambahkan kalau rancangan peraturan pemerintah tentang DOB hingga sekarang belum ada.

Dikatakannya, usulan pemekaran dari Sumsel baru usulan DOB Kikim Area yang sudah dalam proses di Kemendagri, namun walau demikian selagi masih moratorium maka proses persetujuannya akan tetap tertunda.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Gelumbang mempunyai 6 kecamatan yaitu Kecamatan Gelumbang, Kecamatan Lembak, Kecamatan Sungai Rotan, selanjutnya Kecamatan Muara Belida, Kecamatan Kelekar dan Kecamatan Belida Darat.

Sedang Kabupaten Pantai Timur memiliki lima kecamatan, yakni Tulung Selapan, Cengal, Sungai Menang, Air Sugihan dan Pangkalan Lampan.

Dan Kikim Area memiliki 6 kecamatan yaitu : Gumay talang, Kikim Timur, Pseksu, Kikim Barat, Kikim tengah, dan Kikim Selatan.” ungkapnya. ($eno Akbar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *