Sel. Jul 23rd, 2019

Lintas Nusantara

Berani Mengungkap Kebenaran

Proyek Tanpa Papan Nama Diduga Siluman untuk Bohongi Masyarakat

Banyuwangi-LN- Pekerjaan Proyek saluran irigasi  di Dusun Barurejo, Desa Kalibarumanis,Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, sudah berjalan hampir dua Minggu yang pekerjaannya sudah mencapai 70% Tanpa Papan Nama proyek.

Warga Dusun berinisial (BS) dan Suhairi menyoroti proyek yang dibangun pemerintah daerah dianggap proyek siluman, dimana pembangunan proyek saluran irigasi yang terletak di RT 001/RW 002, Dusun Barurejo, Desa Kalibarumanis, Kecamatan Kalibaru tidak terpasang papan nama informasi, proyek saat melaksanakan kegiatan pekerjaan.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran,” tegas salah satu warga Barurejo BS pada awak media LN Senin ( 9/7/2019).

Salah satu warga tersebut yakni, BS  mengatakan semestinya pihak pemborong atau pihak kontraktor harusnya memberikan surat pemberitahuan kepada pihak pemerintah Desa dan pihak pengairan, kalau ada masyarakat bertanya ini proyek  apa?,”ungkap BS.

BS sangat menyayangkan seperti pengawas lapangan memonitoring dan menegur rekanan agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaan.

“pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012.

Dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan,” ucapnya.

Sementara itu, Juru Air wilayah Kalibaru Korek Air Glenmore,Arjoso membenarkan bahwa semenjak pekerjaan saluran irigasi tersebut tidak ada pemberitahuan dari pihak kontraktor.

” Saya selaku juru air wilayah Kecamatan Kalibaru tidak pernah menerima surat pemberitahuan dari pihak kontraktor, dan informasi yang saya terima sampai hari ini, pihak Desa yang berketempatan proyek itu yakni, pemerintah Desa Kalibarumanis juga tidak menerima surat pemberitahuan.

Apalagi setelah saya bersama anggota saya turun ke lokasi proyek, tidak ada yang namanya papan nama proyek,”ungkap  Arjoso dengan gamblangnya.

BS sangat menyayangkan, “Proyek saluran irigasi tersebut diduga ada puluhan meter yang tidak digali atau tidak ada pondasinya dan tidak memakai molen.

Sementara itu Pantauan awak media ini dilapangan, pekerjaan proyek saluran irigasi tersebut yang beberapa hari di kerjakan hingga berita ini dimuat , papan nama proyek belum terpasang. (Anis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *