Menu Tutup

Antisipasi Banjir, Tiga Pilar Desa Mojomulyo dan BKSDA Jember, Rapikan Pohon Mangrove Yang Menutup 1300 meter Aliran Sungai

Posted in Jember

JEMBER – Bertempat di Dusun Kalimalang Desa Mojomulyo Kecamatan  Puger Kabupaten Jember, dilaksanakan perapian pohon mangrove yang tumbuh liar hingga menutup aliran Sungai Getem sepanjang 1300 meter.

Ikut terlibat pada kegiatan tersebut diantaranya  Babinsa Mojomulyo Sertu Yasin Mujayadi, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Mojomulyo, 5 orang anggota  Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Jember dan 15.orang warga masyarakat.

Aliran  sungai tersebut merupakan aliran sebelum masuk muara, apabila dibiarkan akan berpotensi banjir saat musim penghujan.

Sementara itu Danramil 0824/21 Puger Kapten Chb Hadi Windoko saat kami temui menyatakan bahwa aliran sungai tersebut apabila tidak dibersihkan akan berpotensi banjir dibeberapa desa yang dilalui aliran sungai Getem tersebut, untuk itulah Tiga Pilar Desa Mojomulyo mengambil langkah bersama masyarkat dan BKSDA untuk melakukan perapihan, karane disisi lain keberadaan mangrove diperlukan untuk manahan gelombang pasang laut.

Menyikapi kegiatan anggota jajarannya tersebut, Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat dikonfirmasi menyatakan,  bahwa dirinya sangat mengapresiasi langkah antisipasi yang dilakukan oleh anggota jajaran tersebut dengan bersinergi bersama pihak terkait, untuk menghindarkan masyarakat dibeberapa desa dari bahaya banjir saat musim hujan nantinya. (Siswandi)

Related Posts

%d blogger menyukai ini: