Antisipasi Perkembangan Pilkades Serentak, Kodim Jember Perkuat

JEMBER, lintasnusantara.net – Antisipasi Perkembangan Pilkades Serentak atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Jember yang di laksanakan pada Kamis 25/11/2021.

Saat ini, menjadi perhatian serius dari Dandim 0824/Jember dalam mengantisipasi  perkembangan situasi sekitar pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara.

Dalam mengantisipasi kerawanan situasi tersebut Dandim 0824/Jember memerintahkan kepada Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim.

Kapten Inf Suwarno, untuk menambah perkuatan siaga oncall di Makodim, yang biasanya hanya satu pleton atau 30 orang, menjadi 1 kompi atau 100 orang, dengan memaksimalkan anggota staf Kodim untuk bersiaga.

Menurut Pasi Ops Kodim Kapten Inf Suwarno, perkembangan situasi (Bangsit) paling update adalah adanya kemelut sekitar undangan pemilih.

Saat ini itu yang sempat terdengar, namun situasi masih dalam batas kewajaran dalam dinamika tahapan pemilihan yang berjalan.

Kita telah memploting seluruh kekuatan di jajaran, jadi Koramil yang wilayahnya tidak ada Pilkades, personelnya kita ploting di Koramil lainnya yang menjalani Pilkades.

Misalnya Koramil wilayah Kota yaitu Koramil 0824/01 Patrang, Koramil 0824/12 Kaliwates dan Koramil 0824/11 Sumbersari.

Karena di ketiga wilayah Koramil ini masuk kota dan pejabatnya Lurah di tingkat Kelurahan, sehingga di pastikan tidak ada Pilkades.

Di samping itu kita juga di bantu personel Yon Armed 8/105 Tarik Jember sebanyak 100 orang yang juga sidah kita ploting guna mempertebal pengamanan di titik-titik rawan keamanan. Tegas Kapten Inf Suwarno.

Dandim Jember Antisipasi Perkembangan Pilkades Serentak

Sementara itu Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi menyatakan, bahwa situasi hingga saat ini masih relatif kondusif.

Namun kita harus selalu waspada, karena kerawanan Pilkades, tentunya lebih tinggi potensinya daripada pemilihan Bupati, Gubernur maupun pemilihan Presiden.

Kalau terjadi permasalahan tentunya sangat cepat pengaruhnya terhadap perkembangan situasi wilayah.

Namun demikian dengan tingkat kedewasaan masyarakat Jember saya yakin, bahwa tidak akan terjadi permasalahan.

Masyarakat di mohon untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, meskipun pilihan berbeda namun persatuan hendaknya tetap di utamakan.

Selanjutnya selamat melaksanakan pesta demiokrasi, selamat memilih pemimpin di tingkat desa, semoga kita semua di berikan keselamatan dari berbagai musibah. Pungkas Dandim 0824/Jember. (Siswandi)