Begini Cara Komunitas Memancing Pulihkan Ekosistem Sungai, dan Lestariakan Alam

Banyuwangi, Lintasnusantara.net – Di zaman dahulu, keberadaan sungai menjadi sesuatu yang vital dalam sebuah peradaban masyarakat. Biasanya, pusat peradaban dibangun di sebuah tempat di mana air sungai mengalir. Keberadaannya menjadi sesuatu yang disakralkan bagi sebuah peradaban itu.

Namun kini keberadaan sungai menjadi sesuatu yang diabaikan. Bahkan tak sedikit pula masyarakat yang menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah, atau tempat eksploitasi besar-besaran.

Salah satunya adalah untuk menangkap ikan menggunakan setrum, racun, dan bom ikan. Hal inilah yang dikhawatirkan akan merusak ekosistem sungai.

Namun sebuah komunitas memancing bernama Komunitas Mancing Mania Kalibaru Fishing Comunity, (KFC) Menggandeng Masyarakat dan Pemerintah desa berusaha memulihkan ekosistem itu dengan cara menebar ribuan benih ikan. Dari kegiatan-kegiatan itu, mereka ingin agar imaji mengenai sungai yang lestari bisa terwujud.

Ada 4 acara yang dikemas oleh KFC, yang bertempat di RT. 01 RW. 04 dusun Sumberbringin, desa Kalibarumanis, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. diantaranya Mancing bareng, santunan duafa, pelepasan bibit ikan, pemasangan pelakat dilarang menyetrum.

Maksud dan tujuan kegiatan penebaran benih ikan salah satunya adalah mendorong agar masyarakat juga punya rasa memiliki dan mempunyai tanggung jawab terhadap sungai dan ekosistemnya, serta tidak membuang sampah di sungai, sehingga tidak lagi menangkap ikan dengan cara yang merusak kelestarian lingkungan sungai, agar supaya bisa menjadi kegiatan atau aktivitas hiburan kepada anak-anak dan pemuda dilingkungan sungai, supaya tidak diarahkan kepada hal-hal negatif.” Jelas salah satu anggota KFC,( Dedy).

“Ikan yang di lepas liarkan nantinya boleh ditangkap oleh siapa saja asalkan tidak menggunakan cara-cara yang dapatmerusak lingkungan sungai, karna Juga di larang oleh undang-undang, “Tambah Dedy.

Di penghujung acara Kepala desa Kalibaru Manis H. Andrian Bayu Donata, S.H Mengatakan terimakasih banyak kepada penggerak pemuda KFC atas kepedulian terhadap lingkungan, saya sangat mendukung acara seperti ini, selain bisa untuk memancing kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuat atau menyebabkan sungai tercamar dan memngakibatkan banjir saat musim hujan, selain itu saya juga sangat berharap cepat di bentuk kelompok petani ikan di wilayah desa kalibarumanis, agar dapat membantu perekonomian densn memanfaatkan sumber air di desa kiata yang sangat melimpah, ” Jelas Kepala desa Kalibaru manis, H. Andrian Bayu Donata, S.H.

Journalist : Anis S.

Publisher : Anis S.