Bumdes Desa Kalibarumanis Angkat Potensi Kopi lokal Melalui Pemuda Millenial

Banyuwangi, Lintasnusantara.net – Badan usaha milik desa (BUMDES) desa Kalibarumanis, Kec. Kalibaru, Kab.Banyuwangi, Jawatimur, menggandeng beberapa pemuda kreatif penggera kopi millenial yang ada di desanya, untuk kembangkan potensi kopi, Senin (20/7/2020).

Kali ini mereka melakukan rutinitas cupping (incip kopi), kegiatan ini selalu dilakoni oleh pelaku aktif perkopian di desa kalibarumanis.

Kopi yang di hadirkan adalah murni kopi dari hasil perkebunan petani lokal yang ada di pegunungan perbatasan desa kalibarumanis, salah satu jenis kopi yang di kelola adalah, kopi Robusta, Arabika, dan exselsa.

Atas kesadaran masyarakat dalam menggeluti kopi, Bumdes Mekar Jaya desa Kalibarumanis memfasilitasi dengan pemberdayaan terhadap petani dan pemuda pengelola kopi millenial tersebut.

Proses pengolahan yang dilakukan oleh petani millenial ini sangat jauh berbeda dengan proses masyarakat pada umumnya. Proses yang di lakukan ialah proses seperti natural proses, wash, honey dan juga wine.

“proses seperti ini memang sangat panjang, mulai dari proses pemilihan biji yang harus di sortasi ( sortir ) pengambilan biji merah, perendaman, hingga penjemuran yang sangat diperhatikan dan menggunakan alat kusus, ” ungkap Shodiq.

Tambah Dani Salah satu pemuda millenial yang kreatif, Tidak cukup hanya sampai di situ saja proses yang dilakukan hingga menjadi biji kopi yang siap di jual, beberapa proses diatas juga harus melalui pemilihan biji yang cacat serta lolos dari size (ukuran kopi) yang sudah di tentukan hingga sampai proses roasting (sangrai biji), “ujarnya.

Pengurus Bumdes desa Kalibarumanis juga menjelaskan keinginannya, mengembangkan dan membangun potensi yang ada di desanya agar bisa mengangkat perekonomian masyarakat, dengan cara menggandeng pemuda – pemuda kreatif dan seluruh unsur masyarakt, ” jelasnya.

“Saya sangat mengharapkan peran aktif seluruh elemen masyarakat serta pemuda kreatif, untuk ikut serta membangun desa dengan cara mengembangkan potensi yang kita miliki, agar supaya kedepannya desa kalibarumanis ini menjadi desa percontohan dari desa yang lainnya, salah satu contoh pengolahan kopi yang dilakukan dengan baik akan sangat menghasilkan, bahkan jauh hasilnya atau perolehan laba penghasilannya.”

Journalist : Team

Publisher :Anis s

%d blogger menyukai ini: