Bupati Jember Buka Baksos USG Payudara Gratis, Yang digelar RSAD

JEMBER – Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Baladhika Husada menggelar Bakti Sosial (Baksos) Hari Ulang Tahun Kesehatan Angkatan Darat (HUT Kesad) ke 76, dengan kegiatan layanan Ultrasonografi (USG) gratis bagi warga kurang mampu, yang dibuka oleh Bupati Jember pada Sabtu 16/10/2021.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Jember Hendy Siswanto, Kepala RSAD Baladhika Husada Letkol Ckm dr. Mahyudi, Kepala Dinas Kesehatan Lilik Lailiyah serta tamun
undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Jember Hendy Siswanto sangat mengapresiasi kegiatan Baksos ini, Selamat HUT TNI Ke 76, selamat HUT Kesad ke 76, danbterima kasih selama ini Kodim 0824/Jember bersama RSAD Baladhika Husada membantu vaksinasi, dan sudah puluhan ribu masyarakat yang telah divaksin melalui Serbuan vaksinasi Kodim 0824/Jember bersama RSAD Baladhika Husada.

Terima kasih juga kepada Polres Jember yang juga melakukan kegiatan yang sama dalam percepatan vaksinasi covid 19.

Kegiatan ini merupakan halanyang sangat luar biasa, kita ketahui bersama bahwa kegiatan bakti sosial dengan bantuan USG Gratis untuk mengetahui secara dini kanker payudara, merupakan Langkah yang luar biasa dalam membantu masyarakat kurang mampu.

Masyarakat Jember yang sebagian besar merupakan warga perempuan tentunya sangat membantu sekali, terima kasih kepada lovepink yang merupakan organisasi penyintas, secara sukarela mau membantu pendampingan dan edukasi kepada penderita kanker payudara, sehingga akan mengurangi dampak kematian. Tegas Bupati Jember.

Selanjutnya Ketua Lovepink Jember, Prana Dalwan mengatakan, USG payudara diberikan secara gratis kepada 1000 orang secara nasional. BPJS Kesehatan, seperti diketahui bersama, tidak mengcover layanan USG kanker payudara.

“Kami (Lovepink) di Jember mengusahakan dua ratus orang dari penjuru Kabupaten dan kita fasilitasi (gratis), 1000 orang yang kita laksanakan diseluruh Indonesia, yang 200 orang kita laksanakan Baksos di RSAD Baladhika Husada Jember ini”kata Prana kepada awak media.

Lovepink Jember tidak hanya berhenti pada USG saja tetapi ketika ditemui adanya gejala kanker, Lovepink memberikan edukasi, mendampingi pasien hingga mendapatkan perawatan dan pengobatan. Jika sudah memiliki fasilitas BPJS Kesehatan akan dibantu hingga operasi. Jika belum terdaftar maka akan dicarikan sponsor sehingga pasien diupayakan mendapatkan layanan tersebut secara gratis.

“Kita sudah memasuki hari ketiga dari target perhari dua puluh orang. Hari ini ada satu pasien yang menjalani operasi pasca USG didapati positif kanker,” katanya bangga.

Kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati hari Kanker Payudara Sedunia yang diperingati pada setiap Bulan Oktober.

Sementara itu Kepala RSAD Baladhika, Letkol Ckm dr. Mahyudi, SPM, M.Kes mengatakan bangga dan senang bisa berkolaborasi dengan Lovepink dan Pemkab Jember.

“Kami bekerja sama dengan Lovepink Jember dan kami menyediakan tempat sarana USG dan tenaga kesehatan. Lain-lainnya dikoordinir oleh Lovepink,” kata Letkol Mahyudi.

Bagi kami kegiatan itu juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kesehatan Angkatan Darat TNI. Selain baksos USG Payudara RSAD Baladhika Husada dan Lovepink masih ada kegiatan lanjutan yaitu Webinar terkait deteksi dini kanker payudara yang diikuti oleh kalangan prajurit TNI AD dan masyarajat, dan kita tentunya berupaya memberikan manfaat lebih banyak kepada masyarakat, sebagai bagian dsri kekuatan TNI AD dalam mewujudkan TNI yang dicintai dan selalu berjuang untuk rakyat. Pungkas Letkol Ckm Mahyudi.

Pada kegiatan tersbeut disamping dilakukan pembukaan Baksos, Bupati Jember jga menyerahkan Ijin Operasional dan Bantuan Oksigen Konsentrat dsri Kementrian Kesehatan RI. (Siswandi)