Bupati Jember Meyakini Minggu Depan Gaji Perangkat Desa Jember Segera Cair

Jember, lintasnusantara.net – Gaji perangkat Desa di Kabupaten Jember belum cair selama 5 bulan, sebab terkendala beberapa aturan APBD 2021 Kabupaten Jember yang kini masih digodok di Pemerintah Provinsi dan difasilitasi gubernur Jawa Timur.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan, bahwa aturan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Peraturan Bupati (Perbup) Jember terkait Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) dan Perbup hak keuangan dewan masih belum final, namun Hendy meyakini jika minggu depan kesemuanya bakal rampung dan gaji perangkat akan cair.

“Kemungkinan semua terkait APBD 2021 yang di dalamnya juga berisi ADD akan rampung minggu depan, sehingga sebelum lebaran gaji perangkat Desa akan cair.

Sebenarnya malah enak gajinya akan cair rapelan 5 bulan, akan terkumpul banyak uangnya,” ungkap Hendy di pendopo Wahyawibawagraha, Jum’at (30/04/2021).

Hendy juga mengimbau semua Perangkat Desa untuk bersabar, sebab APBD 2021 Kabupaten Jember masih belum disahkan. “Kalau APBD belum sah, pemerintah mau menggaji dari mana?,” ucapnya.

“Kita ingin pemanfaatan APBD harus dilandasi dengan peraturan yang sah secara hukum. Sehingga bupati tidak menabrak aturan dalam memanfaatkan APBD,” pungkasnya.

Berdasar data terhimpun, pernyataan Bupati terkait gaji perangkat ini berawal dari keluhan salah satu perangkat desa yang mengatakan jika dirinya masih belum terima gajian sejak Januari 2021.

Perangkat desa Ajung kecamatan Ajung berinisial H mendesak Bupati agar gaji Perangkat Desa segera cair. (Team).