Menu Tutup

Bupati Karo Diminta Tegur Keras Kepala Dinas Kesehatan Atas Kelalaian Pelayanan Kesehatan Puskesmas Berastagi

Posted in Karo

Karo-Lintasnusantara. Net

Pasca penolakan warga desa listrik yang mau berobat ke puskesmas Berastagi yang tak di layani pihak puskesmas, pasien masih dalam keadaan syok, mengingat tim medis tersebut sama sekali tidak menunjukan etika baik dan perlakuan kurang menyenangkan.

Ketika awak media mengkonfirmasi kepada Kadis kesehatan Drg .Irna Sembiring,M.Kes mengatakan sudah menyerahkan Semua kepada Kapus,agar segera Menanyakan langsung kepada kedua perawat tersebut.

Irna mengatakan kepada kedua petugas yg lalai dalam menjalakan tugasnya,akan di beri Sangsi balas kadis via WAnya kepada awak media.

Di tempat terpisah salah satu Ketua LSM Perintis Kabupaten Karo ,Gogo Barus,angkat bicara atas tindakan yang di lakukan pihak puskesmas, sudah sangat berlebihan,dan sangat tak pantas seorang perawat Puskesmas belaku kasar kepada warga yang mau berobat.

Gogo Barus juga menambahkan, bahwa tidak alasan pihak Puskesmas untuk menolak pasien , atas kejadiaan ini Bupati Karo perlu menegur Kadis Kesehatan Kabupaten Karo supaya membina anggotanya agar tidak semena-mena kepada masyarakat, pungkasnya.

Seperti yang tertulis pasal 32 UU No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan tegas menyatakan bahwa,fasilitas kesehatan baik pemerintah maupun Swasta dilarang Menolak Pasien dan/atau Meminta Uang Muka Kewajiban Memberikan pertolongan Kepada pasien juga berlaku bagi tenaga kesehatan sebagaimana di sebutkan dalam pasal 59 ayat (1) UU No,36 Tahun 2014 tentang tenaga kesehatan wajib memberikan pertolongan pertama kepada penerima pelayanan kesehatan,katanya

Kita berharap tidak terulang lagi dan bagi garda terdepan agar memakai APD lengkap jika memang dicurigai covid 19, jangan asal tolak saja yang dapat merugikan masyarakat karena tidak mendapat pelayanan kesehatan yg seharusnya didapat, ujar Gogo.

Penulis : Sumardo Hutabarat

Related Posts

%d blogger menyukai ini: