Menu Tutup

Bupati Karo Sambut Hangat Rombongan Anggota DPRD Sumut Yang Tergabung Dalam Pansus Covid 19

Posted in Karo

Karo-Lintasnusantara.Net
Anggota DPRD Sumatera Utara yang tergabung dalam panitia khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Sumut, melakukan kunjungan kerja ke Media Center Kantor Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo di Jalan Kapten Selamat Ketaren, Kabanjahe, Jumat (05/06/2020).

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH dalam pertemuan itu mengungkapkan strategi preventif telah dilakukan Pemkab Karo dan Tim Gugus Tugas dalam menekan penyebaran covid–19, dengan menerbitkan beberapa aturan di antaranya surat edaran Bupati Karo tentang penetapan belajar dari rumah bagi seluruh siswa di daerah itu, pembatasan waktu operasional pusat pasar dan lainnya.

Selain beberapa kebijakan telah dilakukan tersebut, Pemkab Karo dan Tim Gugus Tugas dibantu aparat TNI/Polri melakukan penyemprotan disinfektan di semua pintu gerbang keluar masuk Kabupaten Karo. “Pemeriksaan di perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten tetangga untuk memantau pelaku perjalanan (PP), hal ini dianggap sangat penting mencegah masuknya Covid-19 ke Kabupaten Karo,”ujarnya.

Kunjungan kerja rombongan anggota DPRD Sumut yang dipimpin langsung Ketua Pansus Covid-19 DPRD Provinsi Sumut, Akbar Himawan Buchari SH disambut hangat Bupati Karo Terkelin Brahmana, yang juga merupakan ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo.

Anggota Pansus yang hadir di antaranya Meryl Rouli Saragih (PDIP), Sugianto Makmur (PDIP), Tya Ayu Anggraini (Gerindra), Tuahman Fransiscus Purba (Nasdem), Dedi Iskandar (PKS), serta Tim Ahli Pansus.

Bupati Karo Terkelin Brahmana ,SH, MH memaparkan, terkait pemberian bantuan sosial terhadap masyarakat Kabupaten Karo yang terdata telah menerima bantuan social BST Kemensos, Bansos sembako Pemprovsu, BLT Dana Desa serta bansos berupa sembako bersumber dari APBD Karo. “Sekitar 70 persen masyarakat kami sudah mendapat bantuan terdampak Covid-19,” ujar Bupati.

Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sumut, Akbar Himawan Buchari menyatakan, ingin mengetahui data jaring sosial dan data penyaluran bantuan dari Pemprovsu. Data ini perlu diketahui sebagai acuan agar terjalin sinergitas dan keseragaman antara Pemkab Karo dan Pemprovsu sehingga covid-19 ini dapat kita tangani bersama.

Pansus COVID-19 DPRD Sumut juga memberi masukan kepada Gugus Tugas Pemprovsu, bantuan sosial provinsi diberikan kepada masyarakat terdampak sejumlah 1,3 juta kepala keluarga harus dalam bentuk uang sebesar Rp225 ribu sebagaimana bantuan sosial tunai diberikan Kemensos.

“Pansus minta agar Tim Gugus Tugas Provinsi, jangan memberikan dua opsi kepada kabupaten/kota (selama ini dua opsi, boleh ambil uang baru dibelanjakan di kabupaten/kota atau langsung mengambil paket sembako yang disiapkan provinsi), tapi cukup satu opsi saja yaitu uang,” ujar Akbar Himawan Buchari.

Pertemuan sangat konstruktif, beberapa gagasan dan masukan di sesion dialog antara anggota pansus DPRD Sumut dengan Tim Gugus Tugas Kabupaten Karo. Bupati Terkelin Brahmana menilai sangat penting menjadi referensi antara lain perda pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.(eg/Team Linus)

Related Posts

%d blogger menyukai ini: