Cegah Penyebaran Covid 19, Muspika Kaliwates, Sambut Kepulangan PMI di Lokasi Isolasi Hotel Kebonagung Jember

JEMBER, lintasnusantara.net – Jelang hari raya Idul Fitri, meskipun sudah diberlakukan larangan mudik, namum tidak dapat menghindari kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negri, seperti pada Sabtu 08/05/2021 pukul 21.30 Wib, Muspika Kaliwates Kabupaten Jember yang memantau kapulangan PMI asal Jember di lokasi isolasi Hotel Bedadung Jember.

Sebanyak 20 PMI asal kerja di negara Malaysia dan Singapura, yang merupakan penduduk Kabupaten Jember, tiba di Hotel Bedadung Jember, mereka harus melalui test Swab PCR dan Isolasi dulu, sebelum bertemu keluarganya.

Hal ini dibenarkan Kapten Inf Didik Purwo Budianto Danramil 0824/12 Kaliwates, yang melakukan monitoring bersama Camat Bambang Saputro dan Kapolsek Edy Widarto, serta pejabat terkait lainnya.

Lebih lanjut Kapten Inf Didik Purwo Budianto menyatakan bahwa PMI yang pulang ke Indonesia memang harus melalui beberapa tahapan diantaranya, begitu turun dari pesawat terbang, mereka langsung dilakukan prosesi pemeriksaan kesehatan, test Swab dan lain-lain, serta menjalani isolasi selama beberapa hari, yang penanganannya dilakukan oleh Satgas Covid 19 Provinsi.

Selanjutnya mereka kalau positif langsung dilakukan tindakan lanjutan, namun kalau negatif langsung dijemput oleh petugas dari kabupaten mereka berdomisili, dan warga Jember pada malam hari ini ada 20 orang yang sudah sampai di Hotel Kebon Agung, yang oleh pemerintah Kabupaten Jember dijadikan tempat isolasi. Kata Kapten Inf Didik Purwo Budianto.

Sementara itu Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, menyikapi kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Muspika Kaliwates, yang kompak dan aktif melakukan monitoring dilapangan.

Perlu dipahami oleh semua pihak, bahwa proses kepulangan PMI ini memang kita perketat screeningnya, guna melindungi kita semua dari bahaya penyebaran Covid 19, apa lagi munculnya varian baru yang relatif labihbcepaf penyebarannya.

Hal ini tentunya dalam rangka melindungi kita semua dari bahaya sebaran covid 19, untuk itu mohon pemahamannya. Pungkas Dandim 0824/Jember. (Siswandi)