Menu Tutup

Dalam Upacara Bendera Merah Putih Ada Yang Unik Di Desa Sumber Salak

Posted in Jember

Jember – lintasnusantara.net – Desa Sumber Salak yang ada di paling ujung utara Kec Ledokombo Kab Jember, yang terkenal tempat wisata, dan kesenian, warganya melaksanakan kegiatan Hari Ulang Tahun Republik Indonsia (HUT-RI) atau melaksanakan kegiatan Upacara Bendera Merah Putih tepatnya di Dusun Salak RT 001, RW 008 Desa Sumber Salak.

Pada hari senin tangal 17 Agusrus 2020, lebih tepatnya Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) dalam melaksanakan kegiatan ada yang unik di Dusun Salak RT 001RW 008 Desa Sumber Salak Ledokombo Jember.

Uniknya Kegiatan Upacara ini hanya di laksanakan satu RT, dan semua pesertanya warga RT 001 sendiri, tidak ada satupun dari pejabat yang menghadiri upacara tersebut, dan di laksanakan di tengah jalan dengan hidmad, serta di ikuti anak anak Sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA, Upacara di laksankan dengan kesadaran warga sendiri.

Menurut salah satu warga RT 001, Ibu Juharmanik, Tujuan kami merayakan HUT RI yang ke 75 tahun tidak lain adalah mengingat jasa jasa para pahlawan kita yang telah gugur di dalam medan pertempuran untuk memerdekakan Negara kita tercinta dari para penjajahan, sehingga sampai saat ini kami bebas menghirup udara segar, dan upacara dilakukan sikap sempurna menghormati detik detik Proklamasi, secara keseluruhan kegiatan dilakukan dengan hidmad.” Tuturnya.

Cak Lip Pangilan Akrab nya seorang pengiat kesenian mengatakan, Apa yang dirasakan saat ini, karena berkat kerja keras dan perjuangan para pahlawan untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Karena perjuangan merekalah sehingga kita bisa hidup damai, kita bisa hidup tenteram seperti saat sekarang, sehingga momentum ini merupakan momentum yang sangat sakral untuk kita menghormati dan kita jaga serta mengenang jasa-jasa beliau,” ujarnya.

Lanjut cak Lip, dalam kegiatan upacara ini, yang melaksanakan adalah warga RT 001 sendiri, serta anak anak yang bersekolah ikut melaksanakan, dan sebagai penutup nanti malam akan di adakan tasakuran atau selamatan dan hiburan melibatkan potensi seni di wilayah RT001 sendiri.

Menurut Wakil Ketua Panitia Junaidi, Sebelum hari Hnya, atau melaksanakan upacara bendera, warga sekitar melaksanakan bermacam macam perlombaan tradisional, perlombaanya ada 19 aitem, diantaranya lomba makan kerupuk, lomba balap karung dan lain-lain, memperebutkan doorprize menarik yang telah disediakan oleh panitia, biaya dan hadiahya murni dari warga RT 001.

Saya selaku wakil ketua panitia sangat berterima kasih pada warga yang telah berpartisipasi dan mensukseskan kegiatan 17 san ini, semoga yang ikut mensukseskan kegiatan ini di mudahkan rezekinya dan di beri kesehatan.” Ungkapnya.

Tambah wakil ketua panitia, Inyaalah yang melaksanakan kegiatan HUT RI, Upacara Bendera Merah Putih, dalam satu RT tahun sekarang hanya RT saya, semoga tahun depan lebih banyak yang melaksanakan.

Bapak Abdul Latip selaku Ketua RT 001, saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan upacara HUT RI yang ke 75 tahun ini, dan mengadakan berbagai perlombaan, khususnya pada warga Dusun Salak RT 001, semoga pada tahun depan lebih meriah dari tahun sekarang.

Kegiatan upacara dilakukan sesuai dengan waktu pelaksanaan secara nasional, mulai pukul 10:17 wib, Sampai selesai, karna sekarang adanya musim Pandemi Covid-19, kita juga mengikuti petunjuk protokol kesehatan “Jaga Jarak, Pakai Masker, Cuci Tangan, serta jaga kedisplinan.” Papar Abdul Latip.

Disampaikanya HUT RI ini, kita wajib memperingati setiap tahun, demi mengingat jasa jasa para pahlawan, serta mengenang perjuangan beliau beliau, kalau kita-kita hanya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.” Tutup Pak RT.

Penulis : Lukman H
Publisher: Sayadi H

Related Posts

%d blogger menyukai ini: