Menu Tutup

Dandim 0822/Bondowoso Tinjau Desa Tanggap Dan Tangguh Lumbung Pangan Covid-19

BONDOWOSO – Lintasnusantara.net – Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P., mengunjungi Desa tanggap dan tangguh lumbung pangan Covid-19 di 4 Kecamatan antara lain Kecamatan Kota Bondowoso Kelurahan Nangkaan, Kecamatan Maesan Desa Sumber Anyar, Kecamatan Grujugan Desa Grujugan Kidul dan Kecamatan Tenggarang Desa Koncer Kidul, Selasa (26/5).

Sesuai kebijakan Pemerintah yang sudah menerapkan sistem “New Normal” yang artinya “Kehidupan Kita sudah berubah untuk mengatasi resiko wabah ini, Itu Keniscayaan. Itulah yang oleh banyak orang di sebut sebagai New Normal atau Tatanan Kehidupan Baru”.

Khususnya Kabupaten Bondowoso melalui Gugus Tugas Covid-19 menginstruksikan desa untuk membuat relawan desa tanggap dan Tangguh Covid-19, untuk memutus mata rantai dengan memperketat pengawasan orang dalam pemantauan (ODP) di desa melalui RT dan RW serta Kepala Desa.
Dandim 0822 mengatakan, salah satu tugas unsur aparat di desa dan relawan ini adalah membangun pos jaga untuk memantau keluar masuknya orang di desa. “Mereka harus didata siapa yang masuk siapa yang keluar dan sebagainya itu nanti di pos relawan,” ujarnya.

Di Kecamatan 4 Kecamatan 4 Desa sudah membentuk desa tanggap Covid -19 di antaranya Kelurahan Nangkaan, Desa Sumber Anyar, Desa Grujugan Kidul dan Desa Koncer Kidul yang dikomandoi langsung kepala desa masing-masing dan didukung Puskemas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta para relawan dan warga.

Letkol Inf Jadi, S.I.P. menjelaskan, “Dibentuk desa tanggap tangguh dan pos relawan mempunyai tujuan penjagaan berlaku untuk semua orang yang keluar masuk desa, mulai dari warga setempat hingga warga rantau yang baru pulang ke desa serta lumbung pangan dalam arti warga desa bergotong-royong mandiri dalam ketersediaan stok pangan selama Covid-19. Ditekankan kepada petugas desa tanggap Covid – 19, diharapkan apabila ada warga yang termasuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP), relawan harus segera melapor pada petugas kesehatan setempat”, tegasnya.

Tambah Dandim 0822, “Jangan sampai nanti ada yang dia potensi terdampak corona tiba-tiba masuk ini harus melakukan mendata dan memeriksa, laporkan. Lakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan tempat cuci tangan bagi warga desa. Relawan juga bertugas mendata warga desa yang rentan terjangkit seperti lansia, balita dan warga yang terkena penyakit menahun sudah dilakukan” Imbuh Letkol Inf Jadi, S.I.P. (Edi S)

Posted in Bondowoso

%d blogger menyukai ini: