Dandim Bondowoso ” Panen Perdana Padi Variesta HMS 400 Petani Sejahtera

BONDOWOSO – Lintasnusantara.net – Dandim 0822 dan Forkopimda Bondowoso mendampingi kunjungan kerja Staf Ahli Kemengen dan Transmigrasi RI bertempat di Lahan milik H.Sutrisno Ketua Gapoktan HARAPAN KITA,alamat Dusun krajan bawah Rt 16/02 dan Balai Desa Suger Lor Kec Maesan Kab. Bondowoso dan panen Perdana Padi Unggul Lokal Varietas HMS 400 dan Louncing Bumdes Bersama di Desa Suger Lor Kec Maesan Kab Bondowoso.

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Kemendes, Pdt,Transmigrasi RI Bidang hubungan antar lembaga Dr.Suprapedi, M.Eng., Profesor Dr. Suhariyadi dari Universitas Brawijaya Malang, Bupati Bondowoso Drs. KH Salwa Arifin, Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmat, SE, M.Si, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P., Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, S.I.K, M.Si dan
Kepala OPD dan Camat Kab. Bondowoso serta Toga dan Tomas Kec.Maesan.

Sambutan Staf ahli Staf Ahli Kementrian Desa dan Transmigrasi RI Bidang hubungan antar lembaga Dr.Suprapedi, M.Eng. menyampaikan diantaranya, “Penanaman Padi Unggul Lokal Varietas HMS 400 ini merupakan program yang bisa membantu Trending center untuk desa desa lain guna mendorong tercapainya ketahanan pangan yang akan bisa membantu kesejahtraan masyarakat dan mengetaskan kemiskinan.

Penanaman Padi Unggul Lokal Varietas HMS 400 ini juga merupakan inovasi yang perlu di replikasi ke desa desa lain. dan pada kesempatan ini kami dari kementrian desa,Pdt,transmigrasi RI sangat mengapresiasikan dengan adanya kegiatan ini sehingga target Ketahanan pangan dan kesejahtraan masyarakat bisa tercapai.

Terkait adanya Bumdes di desa desa harus ada manajemen industri yang tepat dan penerapan,pemanfaatan digitalisasi saat ini, sehingga bisa meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

Pendirian Bumdes juga harus berorientasi pada kepemilikan bersama pemerintah desa dan masyarakat,tidak hanya memberikan manfaat finansial pajak, pendapatan asli desa tetapi juga manfaat ekonomi secara luas lapangan kerja, ekonomi berkelanjutan.

Ke depan kementrian desa,Pdt,transmigrasi RI akan melakukan Refitalisasi Bumdes Diseluruh Indonesia dan mendorong bumdes masuk dalam industri digital dengan pembuatan fasilitas platform digital,akan tetapi tidak melarang bumdes bekerja sama dengan pihak ketiga, Kemendes akan menyiapkan aplikasi untuk bumdes”, tuturnya. (Edi S)

%d blogger menyukai ini: