Generation milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Karo-Lintasnusantara.Net

Perangkat warning receiver system new generation ini adalah perangkat informasi gempa bumi real time yang merupakan terobosan baru BMKG dalam penyebar luasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, yang memberikan informasi gempa secara lebih cepat dan akurat karena bersifat “Real Time” otomatis dari BMKG.

Pemasangan alat pemberi informasi gempa bumi dan tsunami, Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) dilakukan di Lobby Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Rabu (22/7).

Turut hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bersama Sekdakab Drs Kamperas Terkelin Purba MSi, Kadis Kominfo Drs Jhonson Tarigan dan Kabid Logistik BPBD Kabupaten Karo, Natanael Peranginangin SH.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Deli Serdang. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Karo mengucapkan terima kasih kepada BMKG.

“Dengan perangkat ini tentunya dapat memastikan stakeholder khususnya pemangku kebencanaan dapat mengambil langkah cepat dalam penanganan bencana sehingga memberikan manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat dari bencana,” kata Terkelin Brahmana.

“Semoga peralatan canggih ini dapat mempermudah dalam memberikan informasi bencana di Kabupaten Karo terkait gempa bumi dan tsunami sehingga pemerintah dapat mengambil langkah lebih lanjut dan cepat,”harap bupati.

Sementara, Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu menyebutkan kami memasang alat deteksi dini yang bernama Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) untuk memberikan informasi dini kepada masyarakat terkait informasi tentang gempa bumi dan tsunami secara real time.

“Pemasangan WRS New Gen di Kantor Bupati Karo merupakan smart display yang memberikan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami secara real time” ungkap Teguh Rahayu.

Teguh Rahayu menambahkan, untuk wilayah Sumatera Utara sendiri pada tahun 2020 ini telah terpasang 11 alat WRS New Gen yang tersebar di sejumlah daerah seperti, Medan, Tapanuli Selatan, Samosir, Pakpak Bharat, Dairi, Padang Lawas, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Asahan, Labuhan Batu dan Kabupaten Karo.(eg/Linus)

%d blogger menyukai ini: