Hanya Di Disdik OI, 50 Calon Kepsek Ikuti Diklat Di Solo Tahun 2021

Lintas-Ogan-Sumsel Selasa, 03 Maret 2021 OGAN ILIR

Posted in Ogan Ilir

Indralaya — Ogan Ilir-Sumsel — Lintasnusantara.Net — Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir-Sumsel melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Ogan Ilir akan menyelenggarakan program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi para guru, peserta Seleksi Calon Kepala Sekolah (Cakep). Rencananya, ada sebanyak 50 orang peserta yang akan mengikuti Seleksi Cakep tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Arianto mengatakan, Disdik OI mendapat bantuan dari Pemprov Sumsel berupa pelatihan Calon Kepala Sekolah yang akan dilaksanakan mulai bulan Maret tahun 2021 ini.

” Nantinya, para peserta Cakep ini harus bersedia mengikuti Diklat yang berlangsung selama 4 bulan ke depan.Dalam Diklat tersebut ada dua macam kegiatan yang harus diikuti yaitu mengikuti ujian kelas dan ujian praktek,”ujar Arianto saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu, (3/3/2021) siang.

Menurutnya, peraturan sekarang untuk menjadi Kepsek itu sangatlah ketat syaratnya, selain mengantongi Surat Sertifikasi, para guru juga harus memiliki Sertifikat Diklat. Sertifikat tersebut akan diperoleh oleh Cakep usai mengikuti Diklat yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) di Solo.

Lanjutnya lagi, Ogan Ilir adalah satu-satunya Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yang mengadakan Diklat secara Nasional. Program ini dilakukan di 40 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia. Kemudian untuk Bimbingan Teknologi (Bimtek), sesuai rencana akan mulai dilakukan pada 15 Maret 2021 ini, yaitu dimulai dengan penyusunan RKH terlebih dahulu, setelah itu barulah dilanjutkan kegiatan Diklat.

Arianto menambahkan, nanti akan ada dua kali tes yang dilakukan yakni tes implementasi dan tes kemampuan akademis yang akan dilaksanakan di Disdik OI bekerja sama dengan LP2KS. Pelatihan yang sebenarnya itu akan dilakukan LP2KS di Solo secara teori dan praktek serta presentasi di tiga bulan berikutnya.

“Ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi Disdik OI karena Ogan Ilir lah satu-satunya dari 17 Kabupaten di Sumsel yang mendapatkan bantuan program Diklat ini,”imbuhnya. (Fc)