Menu Tutup

Jembatan Merah Putih Jalan Lingkar Kabanjahe- Kacaribu Kabupaten Karo Nyaman Dilalui

Posted in Karo

Karo-Lintasnusantara.Net

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH turut didampingi Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Kadis Perkim Paksa Tarigan ST, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga dan Kepala Desa Kacaribu, Suhardi Tarigan, ketika melakukan peninjauan langsung jembatan Merah Putih, yang baru dioperasikan sejak selesai dibangun dari hasil Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 107 Kodim 0205/TK Tahun 2020, di Desa Kacaribu, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Kamis (11/06/2020).

Menurut Bupati Terkelin Brahmana, peninjauan ini adalah untuk memastikan jembatan sudah dapat digunakan oleh masyarakat. Dan jalan ini juga merupakan jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan di seputaran ini kota Kabanjahe, apalagi jalur ini bisa menghubungkan Kabupaten Karo dengan Kabupaten lain dan juga Provinsi Aceh.

“Jembatan komposit dengan ukuran 18 m x 6 m ini sangat penting untuk memfungsikan ring road kota Kabanjahe. Ini akan menjadi catatan bersejarah, karena proses pembangunannya saat pandemi covid-19,” ujar Terkelin Brahmana.

Hal yang sama dikatakan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan. Menurutnya, pelaksanaan pembangunan yang menjadi agenda TMMD bisa berlangsung dengan cepat. “Ini merupakan karya kemanunggalan TNI dan rakyat, sehingga pembangunan jembatan ini tuntas dan rakyat bisa menikmati pembangunan,” ujar Iriani Br Tarigan.

Sementara itu, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara mengatakan, peninjauan jembatan ini adalah untuk memastikan jembatan Merah Putih sudah dapat digunakan masyarakat umum. Dikarenakan jembatan ini sangat dibutuhkan masyarakat sekitar untuk mengangkut hasil pertaniannya termasuk bagi jalur alternatif antar kabupaten dan provinsi sekaligus mengurai kepadatan dan kemacetan seputaran inti kota Kabanjahe.

“Untuk pengerjaannya kemarin sudah selesai tepat waktu, dan sudah dapat digunakan oleh masyarakat. Karena akses jalan ini terputus selama dua tahun tidak dapat dilalui, sehingga selesainya jembatan ini momentum sangat penting bagi masyarakat desa untuk membawa hasil buminya, sehingga bisa dengan cepat menuju perkotaan, tanpa harus terjebak kepadatan dan kemacetan,” sebutnya.

Ke depan kata, Taufik Rizal, jembatan merah putih ini sudah dapat dilalui kendaraan berbagai jenis kendaraan dan daya tahan kekuatan jembatan ini, diperkirakan mampu menahan beban sekitar 20 ton, kata Dandim.

Peninjauan ini turut dipantau ke lapangan dari utusan Komando atas dalam hal ini Kodam I/BB, Letkol Inf Bayu Wahyu, agar diketahui bahwa program TMMD ke 107 yang telah selesai sudah dapat difungsikan masyarakat. Di samping itu, kehadiran TMMD reguler ke 107 Wilayah Kodim 0205/TK sudah menyentuh kegiatan roda perekonomian masyarakat. “Hal ini tujuan sasaran telah sesuai program yang direncanakan,”ungkapnya.

Kepala Desa Kacaribu Suhardi Tarigan didampingi warganya, P Ginting mengaku sangat berterimakasih kepada jajaran Kodam I/BB Medan khususnya Kodim 0205/TK dan Pemkab Karo maupun DPRD yang sudah memperhatikan akses jalan di desa kami.(eg/Team Linus)

Related Posts

%d blogger menyukai ini: