Kadispendukcapil Jember menginstruksikan Pada Jajaranya Percepatan Pelayanan Adminduk Sesuai Instruksi Dirjen Kemendagri

Jember, lintasnusantara.net – Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil (Kadispendukcapil) kabupaten Jember, Isnaeni Dwi Susanti berharap agar jajarannya dan petugas kecamatan mempercepat proses pembuatan dokumen Administrasi kependudukan (Adminduk) seperti KK dan KTP sesuai arahan Dirjen Kemendagri. Sehingga masyarakat bisa segera memanfaatkan dokumen Adminduk tersebut sesuai harapannya.

Berita Terkait:

“Dirjen Kemendagri sebenarnya berharap agar seluruh kantor Dispendukcapil di Indonesia melayani pembuatan Adminduk dengan segera. Sesuai arahan Dirjen, bagi kabupaten atau kota yang penduduknya dibawah 500 ribu jiwa, pembuatan KK dan KTP harus satu hari selesai,” ungkap Isnaeni Dwi Susanti, di kantor Dispendukcapil Jember, Kamis (22/04/2021).

Perempuan yang kerap dengan sapaan Santi ini juga menambahkan, bagi wilayah yang penduduknya berjumlah 1 juta jiwa, pembuatan Adminduk harus 2 hari selesai. “Jika penduduknya berjumlah 1,5 juta jiwa, maka proses pembuatan dokumen Adminduk cukup 3 hari,” terangnya.

Baca Juga:

“Sementara jika penduduknya lebih dari 2 juta jiwa, maka proses pembuatan Adminduk harus selesai dalam 4 hari. Jadi untuk kabupaten Jember yang jumlah penduduknya sekitar 2,5 juta jiwa, untuk pembuatan Adminduknya seharusnya 4 hari,” tegasnya.

Santi juga berharap agar petugas Adminduk di tiap kecamatan juga mendukung program prima Dirjen Kemendagri. “Kita ingin agar proses pembuatan Adminduk di kabupaten Jember cepat dan gratis,” pungkasnya. (Sayadi).