Kantor Desa Jelbuk Didatangi Puluhan Warga Penerima PKH-BPNT BNI, Mempertanyakan Kartu PKH-BPNT Peralihan Mandiri

Jember, lintasnusantara.net – Ratusan warga penerima “Bantuan Pangan Non Tunai, Program Keluarga Harapan” (BPNT-PKH) Bank Negara Indonesia (BNI) menggeruduk Kantor Desa Jelbuk Kecamatan Jelbuk, untuk menerima atau menayakan kartu BPNT-PKH baru dari bank Mandiri, selaku penyalur bantuan. Kamis (15/04/21).

Rusyati (52), warga dusun Krajan Timur, sekaligus pemilik kartu BPNT-PKH BNI menanyakan alasan kenapa ia tidak menerima kartu BPNT PKH yang kini bermigrasi ke bank Mandiri.

“Saya kesini untuk menuntut ke pihak terkait mengenai kartu BPNT PKH yang baru dari bank Mandiri, karena yang lain sudah menerima bantuan Sembako, sementara saya belum menerima bantuan, padahal saya punya kartu BPNT PKH BNI.” Tutur Rusyati, di halaman Kantor Desa Jelbuk, Kamis (15/04/21).

Tambah Rusyati, saya sebelumnya sempat mendatangi agen untuk menggesek kartu BPNT, tapi ternyata saldonya kosong. “Saya sudah empat bulan tidak menerima bantuan Sembako BPNT”.

“Dan pada hari ini penerima BPNT ada yang mendapat undangan menerima kartu BPNT peralihan. Sementara saya tidak menerima undangan untuk mendapat kartu BPNT peralihan dari BNI ke Mandiri.” Pungkasnya.

Hariono selaku Kades Jelbuk mengatakan, saya akan segera mengintruksikan para Kasun untuk mendata para pemilik kartu BPNT PKH BNI yang belum mendapat undangan dari bank Mandiri.

“Kita akan inventarisir permasalahan BPNT yang ada, dan selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan dinas sosial,” tegasnya.

“Jika tidak segera kita tindaklanjuti, khawatirnya akan muncul stigma negatif terhadap pemerintahan desa. Padahal kita mendapat data penerima undangan BPNT PKH dari pihak bank Mandiri.” Jelasnya.

Lanjut Hariono, saya akan terus memperjuangkan hak penerima bantuan BPNT PKH yang layak, agar bisa mendapat kartu BPNT PKH Mandiri.

“Dari data yang kita terima, kami akan berkoordinasi dengan Kepala Dusun (Kasun) untuk lebih jeli mendata para penerima BPNT PKH Mandiri.” Tegasnya di ruang kerjanya, Kamis (15/04/2021).

Di lokasi yang sama, TKSK Kecamatan Jelbuk, Sujono menyampaikan, bahwa kemungkinan pemilik kartu BPNT PKH BNI akan menerima kartu peralihan BPNT PKH bank Mandiri.

“Mengenai ada warga yang saat ini tidak dapat undangan penerimaan kartu BPNT PKH Mandiri, saya tidak tahu, sebab saya tidak memiliki datanya.’ Ungkap pria yang kerap dengan sapaan Jon, di kantor desa Jelbuk.

“Saya berharap agar warga yang belum menerima undangan dari bank Mandiri untuk sabar. Bisa jadi yang belum dapat undangan dari bank Mandiri, datanya masih ada revisi, sebab kemarin banyak kasus data penerima BPNT PKH juga mendapat BLT.” Harapnya. (Sayadi).