Kepala BPBD Jember Menghimbau pada Penguna Jalan dengan Adanya Tanah Longsor di Gumitir

Kepala BPBD Jember Menghimbau pada Penguna Jalan dengan Adanya Tanah Longsor di Gumitir

Jember, lintasnusantara.net – Hujan dan angin kencang yang terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat, sebagian wilayah Kecamatan Silo yang dimulai pukul 18.00 WIB mengakibatkan tanah longsor dan terjadi mengakibatkan pohon tumbang dengan diameter ± 120 cm yang menutupi Jl. Jember – Banyuwangi Gumitir. 20/09/21.

Kejadian peristiwa tanah longsor ini terjadi pada hari Minggu, tanggal 19 September 2021 pukul 22.52 WIB. Adapun lokasi kejadiannya di Jl. Jember – Banyuwangi Gumitir, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo dengan titik koordinat 8°15’37,569″S dan 113°56’1,113″E

Akibat kejadian tanah longsor ini antara lain pohon tumbang berdiameter ± 120 cm disertai longsor di kilometer 37 dengan tinggi ± 25 m dan lebar = ± 15 m.

Untuk memperlancar arus lalu lintas petugas memakai sistem buka tutup (contra flow).

Sedangkan kerugian material tidak ada dan alhamdulillah tidak ada korban. Dampak yang ditimbulkan yaitu material pohon mengenai kabel PJU dan PLN.

Adapun kemacetan yang ditimbulkan dari longsor dan pohon tumbang ini diperkirakan sepanjang 4 km. Sedangkan  pohon yang menutupi jalan sudah teratasi, tidak ada bagian akar pohon yg menutupi sebagian jalan.

Pusdalops menerima laporan pada hari Minggu, 19 September 2021 pukul 22.52 WIB yang langsung direspon oleh Team Reaksi Cepat PB jam 23.27 WIB menuju lokasi kejadian, sampai pada Jam 00.07 hari Senin, 20 September 2021 pukul 00.07 WIB.

Setelah TRC PB tiba di TKP langsung bertindak cepat dengan melakukan pemotongan pohon, pembersihan material dan mengatur arus lalu lintas, dalam tempo 30 m, tepat pukul 00.32 WIB akses jalan yang tertutup mulai dapat dibuka namun penanganan longsor sampai pukul 05.10 WIB proses penanganan masih berlangsung sambil menunggu alat berat.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saat di temui diruang kerjanya pada Jurnalist Lintas Nusantara, Senin 20 September 2021 pukul 12.00 WIB.

Plt. Ka. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs.Moh.Djamil, MSi mengatakan bahwa team yang terlibat dalam penanganan longsor Gumitir Desa Sidomulyo Kecamatan Silo antara lain:

BPBD Kab. Jember, Tagana Dinsos Kab. Jember, TNI, Polri, KRPH Garahan, Seskom Polri, Relawan ¾ Kalisat, Brandal Alas Rescue, IEA Jember, BP1309, Relawan Gumitir dan warga sekitar.

Adapun yang menjadi kendala di antaranya menunggu alat berat dari PU Provinsi, ketiadaan sirine di mobil membuat response time lambat, komunikasi radio error keterbatasan sinyal internet, kondisi alat pemotong (senso) bermasalah dan kondisi mobil kurang sehat.

Menurut Plt.Ka. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs. Moh.Djamil, MSi, pada hari minggu dan senin ada 2 kejadian di Gumitir yaitu :
1. pohon tumbang longsoran tidak berada di posisi jurang.
2. Tanah longsor plus pohon tumbang dari posisi tebing dengan lokasi yang berdekatan.

Moh. Djamil menghimbau, agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati terhadap cuaca ekstrim, Kepada pihak perhutani untuk melakukan pemangkasan pohon yang berpotensi tumbang. Tutup Moh.Djamil.

Jurnalis : Lukman Hakim