Ketua DPRD Pelalawan Berjibaku Padamkan Api Dengan Peralatan Yang Seadanya Bersama Masyarakat di Sungai Solok, Kec. Kuala Kampar

PELALAWAN,. Lintasnusantara. net ~ Setelah berjibaku dgn dengan api, Alhamdulillah, kata Ketua DPRD Pelalawan, Baharudin. SH, Pulau Penyalai diguyur hujan pagi tadi sekira pukul 3 pagi, mudah – mudahan akan memadamkan api bagi lahan yang terbakar dan sangat membantu tim karhutla.

“Catatan, saya ikut memdamkan api Desa sungai Solok bersama dengan tim karhutla TNI dan Polisi bersama masyarakat. Lahan yang terbakar kebun dan Hutan belukar. Dan Kendalanya dilapangan saat ini tim tidak memiliki alat pemadam yang mencukupi, sehingga sangat terbatas upaya pemadaman api dan tim tidak bisa maksimal dengan jangkauan memadamkan mengunakan alat seadanya dan terbatasnya sumber air, “ucapnya.

Kedepannya ucap Ketua DPRD Pelalawan, Baharudin. SH desa di pulau Mendul perlu ada langkah dalam mengatasi kebakaran ini :

1.Setiap desa agar diharuskan memiliki mesin air pemadam kebakaran yang standar, pemadam kebakaran sehingga pada saat terjadi kebakaran masyarakat dapat melakukan penanggulangan bersama

2.Perlu membangun embung air dan kanal bloking di perkebunan sehingga bisa mengatur water manajemen air sehingga pada musim kemarau masih memiliki cadangan air yang cukup.

3.Perlu membangun kesadaran masyarakat terhadap kebakaran lahan (Karhutla) sehingga partisipasi terhadap pencegahan tidak hanya tergantung kepada aparat pemerintah damkar, Tni dan Polri.

4.Perlunya hibah peralatan Damkar mesin minisyaker dan slang air, minimal 2 (Dua) unit lengkap di letakan di Polsek kuala kampar dan Koramil kuala kampar, sehingga personil bisa memaksimalkan peralatan dan tidak tergatung kepada peralatan Damkar dari Pangkalan kerinci, pungkas Baharudin, SH.

( L 2N )