Ketua MKKS SMP Tangerang H. Wawan Rambo, Era Digitalisasi Pendidikan

Tangerang, Lintasnusantara.net – Ketua MKKS SMP Tangerang tantangan dunia pendidikan era Digital semakin kuat dan tak bisa di hindari lagi kenyataannya.

Pembekalan serta pengembangan kepada tenaga pengajar, atau Guru kepada peserta didik adalah suatu hal yang harus dimiliki, (23/10/21).

Masuk pandemi Covid 19 di Indonesia, sangat lah berpengaruh terhadap bidang Pendidikan, hingga pemerintah mengeluarkan Surat Edaran (SE) 15/2020 yakni Belajar Dari Rumah (BDR).

Yang akhirnya mengharuskan murid belajar online menggunakan media android dan juga Procecor Center (PC).

Effectif atau tidaknya tergantung kepada kesiapan guru dan peserta didik, hingga memacu peran serta orang tua untuk mengawal proses pembelajarannya.

Mau atau tidak mau, Baik guru, murid dan wali murid harus bisa menerimanya di karnakan situasi dan kondisinya.

H. Wawan Setiawan, Ketua Musyawarah Komite kepala sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) kabupaten Tangerang memaparkan trik dan strateginya,.

Bahwa sudah seharusnya bisa menerima era digital 4.0, “Untuk para wali murid, mau tidak mau, ya harus mau. Pesannya kepada para wali murid.

Dirinya pun menyikapi tantangan belajar online hingga kesiapan dunia pendidikan, yang di mana saat ini sedang akan di persiapkan belajar tatap muka.

kni dengan menggunakan Modul belajar. Sehingga saat pemerintah masih menetapkan PPKM level 3 juga mencegah penularan Covid-19.

“Bahwa setelah pemerintah memberikan kebijakan PPKM level 3, kemudian pemerintah daerah pun turut memberi kebijakan belajar tatap muka,.

Padahal itu di serahkan kembali kepada masing masing Sekolah, cara effectif yang akan kami lakukan untuk belajar mengajar adalah dengan menggunakan Modul belajar online dan offline.

Jadi nantinya saat menerangkan, guru cukup membuka Power poin, kemudian guru sekaligus menerangkan melalui Proyektor yang telah di siapkan.

Hal tersebut kami lakukan mengingat pandemi covid-19 masih belum usai,” Papar H. Wawan Rambo di SMPN 2 Tigaraksa beberapa hari yang lalu.

Ketua MKKS SMP Tangerang Tantangan Buat Para Pangajar

Permasalahan dunia Pendidikan yang saat ini harus di hadapi guru yakni, tidak hanya memberikan pengetahuan secara garis besar saja, akan tetapi menjelaskan secara rinci dan detail pengetahuan yang di ajarkan oleh siswa.

“Menghadapi era digital 4.0, para pendidik sudah seharusnya lebih jeli dengan persoalan yang ada,.

Saat ini tenaga pendidik tidak hanya saja mengajarkan kepada murid yakni Contohnya.

(Buanglah sampah pada tempatnya), hingga guru juga harus menjelaskan detail, kenapa harus membuang sampah pada tempatnya.

Sebab dan akibat jika membuang sampah sembarangan dan kenapa membuang sampah harus pada tempatnya,” Pesannya.

(JK)