KODIM 0822/BONDOWOSO GELAR EVALUASI DAN KAJIAN ORGAS SATKOWIL TA. 2020

Bondowoso, Lintasnusantara.net – Dalam rangka meningkatkan kesiapan prajurit sebagai pelaksanaan pembina dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0822/Bondowoso menggelar kegiatan Evaluasi dan Kajian Organisasi Satkowil TA. 2020 dengan tema “Mewujudkan Kemampuan Satkowil yang Adaptif dan Responsif melalui kegiatan Evaluasi Organisasi Satkowil Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD”, bertempat di Ruang data Makodim 0822 Jl. Letnan Sutarman No. 06 Kel. Kotakulon Kec/Kab. Bondowoso, Jumat (23/8).

Kegiatan tersebut dibuka Dandim 0822/Bondowoso diwakili oleh Pasiter Kapten Arm Yonaidi Desianto diikuti oleh para Bati Tuud, Bati Komsos, Bati Wanwil, Bati Bakti TNI, Babinsa Ramil Jajaran Kodim 0822 dan Bintara Staf Makodim 0822.

Dalam sambutannya Pasiter Kodim 0822/Bondowoso Kapten Arm Yonaidi Desianto mengatakan, “Pentingnya kegiatan ini bagi para prajurit Kowil agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan fungsinya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya di lapangan. Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan Teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugasnya”, tuturnya.

Ditambahkan dikatakan Kasdim, sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2014 tentang TNI, khususnya pasal “8 point d” berbunyi bahwa Angkatan Darat bertugas “Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat”. Untuk itu tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang diperankan oleh TNI khususnya Komando Kewilayahan (Satkowil) harus bisa membawa arah dan warna satuan sesuai harapan pimpinan TNI.

Lanjut Pasiter, “Mari kita cermati kegiatan ini dengan mendengarkan, menyimak, memahami dan mencermati setiap materi yang akan disampaikan oleh para narasumber sehingga dapat mengimplementasikan saat pelaksanaan tugas di lapangan”. pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bebarapa materi oleh para narasumber antara lain materi Aspek pemberdayaan wilayah pertahanan (aspek Geografi, Demografi dan Konsos) oleh Pasi Intel Kapten Arm Edi Mulyono. Materi Komponen pembinaan satuan (Pembinaan organisasi dan satuan) dan gelar kekuatan oleh Pasiops Kapten Kav Andoko. Materi pembinaan personel oleh Pasipers Kapten Inf M. Nurdin. Materi pembinaan materiil, piranti lunak dan pangkalan oleh Pasilog Kapten Inf Adi Leksono. Materi penyelenggaraan Binter oleh Pasiter Kapten Arm Yonaidi Desianto. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan evaluasi. (Nur)