Libatkan TNI/POLRI Dalam Pendistribusian Sembako Pemprovsu, Ketua DPRDSU Puji Pemerintah Daerah Kabupaten Karo

Karo-Lintasnusantara.net

Ketua DPRD Sumatera Utara, Drs Baskami Ginting, bersama sejumlah anggota DPRD Dapil XI mengapresiasi kinerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GGTP) Covid-19 Kabupaten Karo. Kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Sumut dalam rangka monitoring pembagian jaring pengaman sosial (bantuan sembako Provinsi) berlangsung di Ruang Rapat Bupati Karo.

Baskami menilai realisasi pendistribusian bantuan pangan bersumber dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ke Kabupaten Karo telah sesuai dengan yang diharapkan DPRD Sumatera Utara. Apresiasi ini disampaikan para wakil rakyat tersebut, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo, dalam rangka pendampingan atau pengawasan dalam pendistribusian bantuan pangan bersumber dari Pemprovsu, Jumat (12/06/2020).

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba, Plh GTPP Ir Martin Sitepu, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Kepala Dinas Sosial Benyamin Sukatendel, Kepala Dinas Kesehatan drg Irna Safrina Meliala, Mkes, Dirut RSUD dr Arjuna Wijaya SpP, tokoh agama dari GBKP Pdt Masada Sinukaban, STh, MSi.

Sementara, Ketua DPRD Baskami Ginting didampingi Wakil Ketua DPRDSU Rahmansyah Sibarani (Nasdem), Anwar Sani Tarigan (PDIP), Ingan Amin Barus (Gerindra), Sumihar Sagala (PDIP), Jubel Tambunan (Nasdem), Victor Silaen (Golkar), ZS Ritonga (PKB), Erwinsyah Tanjung (Nasdem), dan Muhammad Gandhi Faisal Siregar (PAN).

Menurut Baskami Ginting, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, kita tahu harus extra hati hati dan wajib mengikuti prokotol kesehatan, sehingga tugas dapat terlaksana, sedangkan di sisi lain keselamatan kesehatan harus terjamin.

Baskami Ginting menyebutkan, selain melihat penanganan Covid-19 di Kabupaten Karo, rombongan DPRD Sumut juga memantau penyaluran bantuan sembako dari Provinsi Sumatera Utara yang sudah diterima daerah ini. “Kami berharap bantuan tersebut sudah sampai ke tangan masyarakat,” ujarnya.

Ketua DPRDSU bersama rombongan melanjutkan kunjungan itu untuk mengawasi penyaluran bantuan sembako dari Pemprov Sumut dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang sudah dilaksanakan Pemkab Karo dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Baskami Ginting juga meminta kepada Bupati Karo segera menginstruksikan lurah maupun Kades untuk mendata ulang masyarakat kurang mampu yang belum memeroleh bantuan dari Kemensos RI, Pemprov Sumut maupun dari APBD Kabupaten Karo sendiri pada tahap pertama.

“Kita tahu masih banyak masyarakat tidak mampu belum terdata sebagai penerima Sembako. Ini perlu kita data ulang, agar dalam pembagian tahap kedua semuanya sudah terdata dan tidak lagi ada masyarakat miskin tidak dapat bantuan,”ujar Baskami.

Bupati Karo Terkelin Brahmana memaparkan, pendistribusian sembako berjalan lancar dan tanpa kendala dengan memperhatikan protokol kesehatan, pendistribusiannya tepat sasaran, tepat waktu dan tepat manfaat bagi masyarakat penerima manfaat. ”Kita tahu kondisi masyarakat kita masa pandemi Covid-19, perekonomian masyarakat carut marut hingga terbilang menuju kemiskinan di segala sektor. Jadi segala jenis bantuan sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Bupati.

Ditambahkannya, pada setiap penyaluran sembako provinsi, Pemkab Karo selalu mengikutsertakan TNI dan Polri. Melalui Koramil dan Polsek selalu mendampingi dan ikut serta melihat langsung proses pembagian sembako provinsi sehingga kualitas dan kuantitas sembako tersebut terjamin baik.”Masyarakat terdampak Covid-19 yang belum terkaver segala jenis bantuan, secepatnya akan didata, sehingga nanti, bantuan bisa disalurkan lagi untuk tahap berikutnya,”kata bupati. Di akhir acara, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyematkan uis beka buluh dan menyerahkan miniatur rumah adat Karo kepada Ketua DPRD Propinsi Sumatera Utara Drs Baskami Ginting, sebagai tanda memperkuat silaturahmi dan hubungan kerja antara Pemkab Karo dengan DPRD Sumut. “Selama ini sudah berjalan baik, namun ke depan kita berharap semakin baik lagi,”tutur bupati.(eg/Team Linus)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: