Lingkungan Dan Perubahan Iklim di Indonesia, Saatnya Anak Muda Mengambil Peran Penting

Editor. Jaks

Jakarta,Lintasnusantara.net-Dalam rangka upaya mendorong keterlibatan peran anak muda untuk peduli terhadap lingkungan, iklim dan perubahan iklim di indonesia. Dermawan-Indonesia bersama-sama dengan Insan Relawan Muda Indonesia, Kaum Muda Indonesia, Ikatan Masyarakat Peduli Hukum Indonesia melakukan galangan kampanye bersama dan didukung oleh PT. Inalum.
Kampanye tersebut adalah mendorong keterlibatan peran anak muda untuk ikut menyuarakan isue perubahan iklim, potensi kerusakan lingkungan dan alam di Indonesia. Serta mendorong pemangku kebijakan dan pihak-pihak manapun seperti perusahaan atau setiap individu untuk turut berperan dalam menjaga serta mengurangi dampak kerusakan lingkungan dari aktivitas pertambangan serta pengelolaan sumber daya alam di indonesia.

Kampanye tersebut dilakukan melalui sebuah kegiatan webinar yang bertema “ Anak Muda, Alam dan Lingkungan” diselenggarakan pada tanggal 02 Oktober 2021.
Pihak penyelenggara, Wira Leonardi menuturkan bahwa kegiatan webinar ini adalah bagian dari rangkaian rencana tindak lanjut pelatihan dan pembinaan bagi anak muda yang akan tergabung dalam komunitas relawan tanggap bencana, lingkungan dan perubahan iklim.
Turut hadir perwakilan dari PT. Inalum yakni bapak Indah Pandia di bidang Departemen ISE yang memaparkan tentang upaya perusahaan PT. Inalum dalam pengelolaan lingkungan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah melakukan pengendalian pencemaran udara, pengendalian pencemaran air, penurunan emisi GRK khusus PFC, pemberdayaan masyarakat dan program peningkatan kinerja lingkungan serta keanekaragaman hayati.
Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Perubahan Iklim yakni bapak Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Sc selaku Direktur Inventarisasi gas Rumah Kaca dan Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi yang memaparkan situasi efek gas rumah kaca dan perubahan iklim dalam serta upaya pemerintah dalam penanggulangan dampak tersebut.

Berikutnya narasumber dari Greenpeace Asia Tenggara yang diwakilkan oleh Bapak Arifsyah Nasution selaku Juru Kampanye Laut Greenpeace Asia Tenggara turut memaparkan secara singkat peranan Greenpeace dalam upaya-upaya melakukan advokasi dan kampanye di indonesia terkait lingkungan dan perubahan iklim, serta dampak dari peningkatan emisi dan dampak serius akibat dari krisis iklim.

Webinar ini dihadiri sekitar 87 peserta muda yang terdiri dari mahasiswa dan pemuda yang memiliki ketertarikan dalam pengenalan isue kerusakan lingkungan dan perubahan iklim di indonesia dan turut serta akan terlibat dalam setiap advokasi dan kampanye bersama.

(HR)