Masyarakat Dibekali Pengetahuan Cara Buat Pupuk Organik dan Cara tanam Bertingkat Dengan lahan Terbatas

JEMBER, lintasnusantara.net – Pada kegiata TNI Manunggal Membangun Desa Ke 110 Kodim 0824/Jember, Pasukan TMMD yang terdiri dari Yonif Raider 509/K Satu Pleton, Yonif 527/BY satu pleton dan Yon Marinir-2 Surabaya satu Pleton, benar-benar memberikan pembelajaran tersendiri bagi masyarakat, seperti yang dilakukan pada Jum,at 12/03/2021 yang memberikan pelatihan pembuatan pupuk kandang dan penanaman ketela bertingkat.

Pembuatan pupuk organik dan penanaman hidroponik tersebut dengan pemateri yang dipimpin oleh Pelda Mar Meseno Abadi beserta 5 orang anggota dengan penerima materi masyarakat RT. 002/029 Dusun Sumberlanas Timur Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Pembuatan pupuk organik yang diberikan karena disana banyak peternak, sehingga memanfaatkan kotoran ternak, dicampur tanah dan sedikit pasir, selanjutnya dicampur hingga rata.

Sedangkan penanaman bertingkat diberikan pada penanaman ketela serta sayur mayur dengan media karung diisi tanah campur pupuk organik tersebut, dan dilobangi sekeliling karung tersebut dan ditanami ketela atau tanaman umbi-umbian lainnya.

Menurut Pelda Mar Miseno Abadi, pelatihan tersebut diberikan kepada masyarakat dalam rangka memanfaatkan potensi yang ada, sehingga membangkitkan hal-hal yang kreatif dan bernilai ekonomi, sebagai alternatif kegiatan bagi yang tidak memiliki lahan, tak perlu lahan luas namun kita dapat menghasilkan. Tegasnya. (Siswandi)