Mengaku Anggota TNI AU Peria Paru Baya Berakhir Di Jeruji Besi

BONDOWOSO – Lintasnusantara.net – Kodim 0822 Bondowoso membekuk seorang pria (45) tahun yang mengaku sebagai anggota TNI AU berpangkat Letkol bertugas di markas besar Jakarta pusat.

Diketahui oknum TNI AU tersebut berpangakat Letkol bernama Ferdinand Mesias Santi (45). Ia datang ke kota Bondowoso bersama seorang wanita untuk melaksanakan transaksi pembelian mobil over kredit dengan seorang wanita berprofesi sebagai dokter di kabupaten Bondowoso.

Dengan Modus, diduga kuat akan melaksanakan transaksi penipuan dengan pemembayar mobil over kredit tersebut menggunakan cek.

Menurut keterangan Dandim 0822/ Bondowoso, Letkol Inf Jadi, penangkapan di duga kuat pelaku penipuan tersebut berlangsung di markas Kodim, Selasa (16/6/2020). Awalnya ada laporan dari masyarakat,mecurigakan seorang pria asal Bandung tersebut yang akan melaksanakan transaksi pembelian mobil tersebut, menggunakan seragam TNI lengkap berpangkat Letkol.

Untuk memastikan apakah pelaku benar-benar anggota TNI atau bukan. Kemudian pelaku digiring ke markas Kodim 0823 Bondowoso untuk di mintai keterangannya.

“Dari itu calon korban tak mudah percaya begitu saja, akhirnya melaporkan ke Babinsa untuk di minta menyamar sebagai temannya, oleh Babinsa dibawa ke markas Kodim,” terangnya.

Letkol Jadi menerangkan, Letkol gadungan ini mengaku “nya” dari markas besar TNI AU. Setelah di introgasi lebih jauh yang bersangkutan tidak bisa menjawab sebagai mana mestinya anggota TNI.

“Sehingga bolak balik seperti itu. Karena dia memang bukan TNI bingung yang bersangkutan. Ditanya temannya siapa, lattingnya siapa,angkatan tahun berap,satuannya dimana dia tidak tahu. Disitu kecurigaan kita makin kuat. Sudah kita kroscek dan mencari informasi ternyata memang tidak ada,” ucap Dandim”

Menurut dandim, di TNI mudah mencarinya identitasnya jika memang tergabung dalam kesatuan tentara. Tinggal menanyakan NRP.

“Setelah di cek kebenaran NRP nya, ternyata NRP tersebut bukan NRP perwira melainkan NRP seorang bintara dan lagi-lagi bersangkutan bukan seorang anggota TNI. Tadi kami sudah melakukan introgasi kepada yang bersangkutan untuk mengaku, hampir kurang lebih 20 menit tetap tidak mengaku kalau dirinya bukan seorang anggota TNI. Akhirnya beberapa lama berselang di duga kuat tersangka penipuan tersebut mengaku juga kalau memang dia hanya tentara gadungan,” jelasnya.

Letkol “Jadi”memaparkan calon yang dibawa di duga kuat pelaku tersebut kerja di salah satu perusahaan dealer mobil ternama, Dulu pernah mau menikah, tapi karena beda agama sampai sekarang belum direstui oleh orang tuanya.

Kenal pertama sama pelaku berprofesi sebagai kontraktor. Namun seiring berjalannya waktu dia menggunakan pakaian lengkap TNI tak tangung-tangung dia mengunakan pangkat Letkol.

Ada pun barang bukti yang di amanakan Kodim 0822 Bondowoso di antaranya,Mulai dari seragam TNI lengkap yang dikenakan pelaku, sejumlah cek yang diduga kosong, identitas berupa SIM, kartu ATM, sejumlah uang tunai, tabungan dan barang bukti lainnya.

Guna penyelidikan lebih lanjut oknum TNI gadungan berpangkat Letkol tersebut di gelandang ke Polres Bondowoso untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya.(Edi s)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: