Menu Tutup

Panen Jagung Di Fadoro, Kec Mandehe, Diduga kuat “Sekda Nisbar” Fasilitas Paslon ELMAR Tahun 2020

Posted in Nias Barat

Nias Barat – lintasnusantara.net – Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo diduga kuat “Fasilitasi” pasangan bakal calon kepala daerah Nias Barat tahun 2020-2024, Elyunus Waruwu – Mareko Zebua, untuk menyampaikan Visi – Misi mereka pada panen jagung di Desa Fadoro Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat pada harin senin 14/09/2020.

Acara tersebut diduga kuat “Sengaja didesain oleh pemkab Nias Barat” dengan mengundang bupati dan wakil bupati, ketua DPRD, kepada OPD,  forkompika mandrehe, tokoh masyarakat dan kelompok tani sehingga undangan ditandatangani oleh sekda atas nama Bupati Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo.

Pada saat panen jagung kelompok tani pembaharuan di Desa Fadoro, Kec. Mandrehe, kab. Nias Barat. Pasangan calon Wakil Bupati Nias Barat dan Wakil Bupati Nias Barat hadir dan diberi kesempatan untuk berbicara politik pada acara tersebut.

Pasangan  bakal calon bupati Nias Barat Eliyunus  Waruwu hadir berdampingan dengan pasangan bakal calon wakil bupati Mareko Zebua dan sejumlah tim pemenangan paslon Elmar.

Eliyunus turut didaulat berbicara dalam acara tersebut, diberi topi petani yang diduga disediakan panitia, ikut berbaur dalam barisan undangan dan sejumlah ASN, juga turut berselfi di pinggir kebun jagung sambil pegang jagung bersama Mareko Zebua. “terlihat semua dalam foto”

Sehingga sulit terbantahkan, bahwa pemkab Nias Barat tidak mengundang Eliyunus Waruwu, sebagai bakal calon bupati pada pilkada 2020.

Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo, Diduga kuat memberikan keterangan palsu kepada public atas terselenggaranya acara panen jagung dan pemkab Nias Barat “Sengaja menfasilitasi acara sosialisasi paslon ELMAR” dengan mengundang dan memobilisasi masyarakat melalui kelompok tani dan ASN di Nias barat.

Melalui konfirmasi sejulmah wartawan Kepada Sekda Nias Barat diruang kerjanya pada hari selasa 15/09/20 mengatakan, bahwa acara ini adalah kegiatan Pemerintah Kabupaten Nias Barat, “Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua belum di undang pada acara panen raya jagung kelompok tani pembaharuan di Desa Fadoro”, jelasnya Sekda.

Lebih lanjut dikatakan Sekda Nias Barat menyampaikan bahwa bibit jagung di Desa Fadoro itu bibit yang yang di fasilitas Dinas Pertanian, bahkan pembukaan lahannya juga difasilitasi oleh Dinas pertanian, mengakhiri.

Kehadiran calon Cakada Nias Barat Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua Kejadian ini sangat disayangkan karena Pemkab Nias Barat, melalui Sekda Nias Barat telah dengan sengaja mengajak ASN untuk berpolitik praktis dan yang bersangkutan harus dilaporkan ke komisi ASN dan bawaslu Nias barat.

Salah seorang tokoh masyarakat  Bernadus Daeli, menanggapi acara panen jagung di Desa Fadoro kec. Mandehe kab. Nias Barat, seharusnya Prof. Dr. Fakhili Gulo, lebih senior dalam mengambil suatu keputusan akan tetapi kali ini, saya bahkan semua masyarakat Nias Barat “Sangat Kecewa” atas terselenggaranya acara panen Jagung tersebut, jadi bisa kita menduga Seorang Sekda Nias Barat yang bergelar Profesor bahkan doktor ikut berpolitik pada salah satu Paslon Cakada di Nias Barat yakni Paslon “ELMAR”,

Untuk itu kami masyarakat Nias Barat berharap kepada Bupati Nias Barat, Agar Prof. Dr. Fakhili Gulo yang sekarang masih aktif sebagai Sekretaris Daerah supaya segera dipanggil dan diberi teguran keras… harap Tokoh masyarakat.

Penulis : BD
Publisher: Jumaria H

Related Posts

%d blogger menyukai ini: