Nasional

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Undur Lagi Sampai Bulan Oktober, Ini Keterangan Pers Kepala DPMPD Kabupaten Pandeglang

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Undur Lagi Sampai Bulan Oktober, Ini Keterangan Pers Kepala DPMPD Kabupaten Pandeglang

Pandeglang, lintasnusantara.net – Senin 9 Agustus 2021, Jadwal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Pandeglang terpaksa ditunda, usai menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penundaan Pilkades ini sampai dua bulan atau sampai Oktobet 2021. Sebelumnya pelaksanaan Pilkades dijadwalkan pada 15 Agustus 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa (DPMPD) kabupaten pandeglang Doni Hermawan Mengatakan, Kami sudah dapat surat dari Mendagri terkait pengunduran jadwal Pilkades. Besok (Selasa) akan dilakukan pembahasan.

Dikatakannya, meski jadwal pengunduran Pilkades direncanakan dua bulan kedepan, tapi untuk tanggal berapanya belum ditentukan. Karena pihaknya akan melakukan pembahasan terlebih dahulu.

Dikisaran Oktober 2021, namun kepastian waktunya di bulan itu (Oktober) belum bisa ditentukan. Karena kita juga belum bisa spekulasi soal waktunya,” ungkapnya.

Hal ini karena memang ada perpanjangan PPKM. Sebab jika saya lihat surat Mendagri kasus COVID-19 Varian Delta sedang merebak dan itu harus pemerintah sikapi,” ujarnya.

Saat ditanya apa yang menjadi alsan kongkrit sehingga pilkades di pandeglang harus diundur lagi. Karena ini aturan dari pusat tentu Pemerintah Daerah (Pemda) harus mengikuti, jika dipaksakan tetap melakukan pemilihan kepala desa (pilkades) maka Pemerintah Daerah (Pemda) akan kena saksi,” katanya.

Kepala Dinas DPMPD Doni Hermawan Menambahkan, selain Pemda yang akan terkena sanksi jika Pilkades tetap dilaksanakan Agustus ini, hasil Pilkadesnya juga tidak akan diakui secara sah oleh pemerintah pusat dan hasilnya juga tidak tidak akan diakui artinya tidak legal,” tandasnya.

Pewarta : Endy Jibril