Pertama Dimasa Pandemi Covid-19 Gunung Sinabung Kembali Erupsi,Bupati Karo Mengimbau Masyarakat Tetap waspada

Karo-Lintasnusantara.Net

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengimbau masyarakat agar tetap waspada kemungkinan terjadinya susulan erupsi Gunung Sinabung. Hal itu mengingat pada Hari Sabtu (8/8/2020), gunung tersebut kembali memuntahkan erupsinya.

“Kita tahu erupsi Gunung Sinabung terjadi lagi pada pukul 01.58 WIB. Dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati ± 2.000 meter di atas puncak ± 4.460 meter di atas permukaan laut,” ujar Bupati Karo ketika dihubungi melalui telepon, Sabtu (8/8/2020) di Kabanjahe.

Dari aktifitas erupsi tersebut, tandas bupati, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang, hingga tebal, condong ke arah Timur. Sehingga diimbau kepada masyarakat tetap waspada.

Berdasarkan informasi dari petugas Gunung Sinabung di Kecamatan Simpang Empat, erupsi yang terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 1 jam 44 detik,” ujar Bupati Karo.

Menurut Terkelin, saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga). Dengan rekomendasi, agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktifitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

“Jadi kita imbau masyarakat agar menjauhi lokasi di dalam radius tiga km dari puncak Gunung Sinabung. Serta radius sektoral lima km untuk sektor Selatan-Timur, dan empat km untuk sektor Timur-Utara,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, bupati juga mengimbau agar masyarakat memakai masker bila keluar rumah. Hal itu untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu, perlunya mengamankan sarana air bersih.

“Bersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Bagi masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Guning Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” katanya.

Diakui bupati, akibat dampak erupsi Gunung Sinabung tersebut, sejumlah desa di lingkar Gunung Sinabung khususnya di Kecamatan Naman Teran, terpapar abu vulkanik. Selain itu, lahan pertanian terpapar debu, yang mengakibatkan kerugiaan bagi petani.

Ditambahkan Bupati Karo, Tim Forkopimda sudah turun ke lokasi. Juga terlihat Kasdim 0205/TK Mayor Inf D Marpaung bersama aparat TNI sudah turun ke lokasi membantu masyarakat akibat terkena erupsi Gunung Sinabung.(eg/Linus)