Proyek Pengerjaan Perluasan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Sumber Jambe di Duga Abal Abal atau Siluman

Papan Nama Yang Kosong, Tingal Papanya, Tulisannya Hilang

Jember, lintasnusantara.net – Proyek pemasangan pipa air atau Proyek Perluasan SPAM Jaringan Perpipaan di kawasan pedesaan/kota, yang ada di Desa Sumber Jambe Kecamatan Sumber Jambe di duga poryek siluman, Karana tidak ada papan informasi.

“Mirisnya lagi ada papan tapi tidak ada tulisannya”. Menurut UU No 14 Tahun 2008 tentang berdasarkan informasi Publik (KIP), pekerjaan yang bersumber dari anggaran APBN ataupun APBD harus transparan, dan tidak ada yang tutupi.

Menurut salah satu warga setempat yang tidak mau di sebut namanya, saya sendiri tidak tahu proyek itu bersumber dari mana, dan angaranya berapa saya juga tidak tahu, karena cuma ada papanya tapi tidak ada tulisan atau informasi nya, dan para pekerjanya dari luar bukan orang sini. Pekerjaannya sudah hampir 10 hari.

Bentuk Pipanya

Menurut pengakuan Mandor Proyek tersebut (Judi), pekerjaan ini sudah 1 mingguan mulai bekerja, setiap harinya ada 7 orang pekerja, dan yang bekerja dari Gambirono Bangsal, terkait papan informasi, beberapa hari yang lalu ada, tapi salah ketik akhirnya di lepas, karena mau di ganti atau masih mau di revisi, yang lebih paham Konsultanya, coba langsung tanyakan ke Konsultanya. Ungkapnya. Selasa, 12/10/21.

Robi Selaku Konsultan proyek tersebut, di konfirmasi lewat chat WAnya terkait proyek, Kalau tentang itu proyek atau papan saya tidak tahu, coba samean langsung ke pihak pemborong/ pelaksana lapang, Kalau dengan saya terkait teknis, Saya ini dari konsultan pak, yang bertanggung jawab tentang teknis saya. Tegasnya Robi. Rabu, 13/10/21.

Galian Pipa

Tambah Robi, Kalau pipa pakai yang 3 dim, 2 dim, 1,5 dim, dengan kedalaman 60 cm, Pipa memakai standard SNI 12,5, kalau proyek Sumberjambe pipanya memakai merk triliun.

Pemborong proyek tersebut membenarkan lewat Chat WAnya, kalau papan informasi masih dalam revisi, Maaf kemarin sudah dipasang berhubung salah tulisan Dinas jadi kami perbaiki, saya baru hari ini selesai dari percetakan Insya Allah besok dipasang. Tuturnya pemborong, Selasa 12/0/10/21.

Pemborong di tanyak namanya tidak mau menyebutkan, dan di tanyak terkait kedalaman galian pakai pipa yang berapa dim, jawabnya pemborong, Sudah ada team teknis dari konsultan pengawas dan sudah diperiksa masalah pipanya sama konsultannya, jadi sudah sesuai spek. Jawabnya. Rabu 13/10/21.

Di tanyak terkait volume proyek, sumber danaya, dan CV dari mana pemborong nya sampai berita ini tayang belum ada jawaban dan papan informasi masih kosong. Rabu, 13/0/10/21.

Papan Informasi

Proyek tersebut dalam pantauan awak media Rabu 13/10/21, kedalaman galian 30cm ada yang 50cm, tapi menurut keterangan Konsultanya 60cm, keterangan konsultan tidak sesuai dengan di lapangan, dan papan informasi masih kosong atau belum ada tulisannya, menurut pengakuan pemborongnya hari ini mau di pasang, ternyata triplet nya hilang.

Dan sampai berita ini di tayang atau detik detik penayangan pertayaan-pertanyaan belum ada jawaban dari pemborong, (Ada Apa Dengan Proyek Tersebut). Berita bersambung (Sayadi)