Rumahnya Dibongkar Babinsa, Junari Berbahagia, Ini Alasanya

JEMBER – Junari 50 tahun merupakan salah satu warga RT. 005/007 Dusun Sumberpakem  Desa Silo Kec Silo Kab Jember yang memiliki tingkat kesejahteraan dibawah rsta-rata, karena hanya bekerja  sebagai buruh tani dengan 2 anak dan seorang istri yang menerima keadaan, dengan tinggal di rumahnya yang kondisinya bisa dibilang reog, karena banyak tiang penyangga dari bambu yang sudah lapuk termakan usia dan dinding dari anyaman bambu (gedhek) juga banyak yang jebol berlobang serta lantai tanah.

Kondisi tersebut yang menjadikan Babinsa Serma Hotibul Umam, mencoba melakukan pendekatan dan pendataan untuk dimasukkan program renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu), awalnya agak kebingungan menerima penjelasan dari Babinsa, namun setelah dijelaskan kalau Junari tidak usah repot-repot keluar biaya sepeserpun dan akan dikerjakan dengan Bakti TNI, maka Junari langsung setuju.

Pada Minggu 26/07 kemarin rumahnya di bongkar oleh Serma Hotibul Umam, bersama masyarakat sekitarnya bergotong royong, Junari bersama istrinya saat kami temui pada 28/07/2020 menyampaikan, bahwa dirinya sangat bahagian meskipun rumahnya dibongkar, namun langsung dibangun melalui program rutilahu oleh Pak Babinsa, saya sangat bahagia, karena selama ini saya bersama istri hanya bisa berkeinginan namun tidak dapat berbuat apa-apa, karena masalah kemampuan, sebagai buruh tani dibuat kebutuhan makan saja sering kekurangan, kata Junari dengan suara lirih menuturkan kepada kami.

Sementara itu Danramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni saat kami temui menyatakan bahwa diwilayahnya saat ini mengerjakan 50 unit rumah yang dipusatkan di Desa Silo, kalau tahun lalu kita Pusatkan di Desa Garahan juga 50 unit, saya buat bergiliran karena jumlah rumah kurang layak huni di wilayah Kec  Silo ini memang relatif banyak dan hampir merata disemua desa.

Termasuk rumah Junari  ini, saat ditanyakan pola pengerjaannya, Kapten Arm M Ismuni menerangkan bahwa kita perbantukan personel lainnya untuk membantu Babinsa Silo, setiap Personel kita beri tanggung jawab pelaksanaan untuk 5 atau 10 unit rumah dan seterusnya, ini sudah berjalan dengan baik. Ungkapnya.

Sedangkan Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi terkait kegiatan rutilahu di Kec Silo tersebut menyatakan, bahwa dari pihak Kepala Desa sendiri memang mengajukan ke kami untuk dipusatkan di desanya, namun kita  tetap mengupayakan azas pemerataan, kita kumpulkan semua Danramil kita bicarakan sehingga Kec Silo disepakati mengerjakan 50 unit, dari 250 untuk rumah yang dikerjakan diseluruh wilayah Kodim 0824/Jember.

Kalau masalah teknis penyelanggaraan ya diwilayah memang saya serahkan sepenuhnya Danramil untuk mengatur teknik pelaksanaannya, seperti diwilayah Kec Silo yang sudah berjalan beberapa perionde. Ungkap Dandim 0824/Jember.  (Siswandi)

%d blogger menyukai ini: