Sejarah Kencong Sebelum Tahun1900 Masehi

(Menelisik Ketuaan Dari Wilayah Kencong Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur)

@Y. Setiyo Hadi
Boemi Poeger Persada

Kencong pada era sebelum tahun tahun 1900, yaitu antara tahun 1883 sampai 1900, merupakan Onderdistrict (Kecamatan) di bawah District (Kawedanan) Poeger – Afdeling (Kabupaten) Jember Post Java (Provinsi Jawa Timur). Wilayah Onderdistrict Kencong, pada periode 1883 sampai 1900, meliputi Kencong, Jombang, Gumukmas (Nama Lama Adalah Menampu, dan Umbulsari).

Batas selatan dari Wilayah Kencong, pada periode 1883 sampai 1900, adalah aliran Kali Bondoyudo dari Keting yang mengalir ke arah timur yang bermuara di Getem.

Getem sendiri merupakan Pelabuhan tua yang disebut sebagai Rabut Lawang dalam perjalanan Hayam Wuruk 1359 Masehi yang diabadikan dalam Kitab Desawanana / Negarakertagama.

Sisi selatan dari Kali Bondoyudo adalah Desa Cakru yang pada periode 1883 sampai 1900 Masehi masuk Afdeling Lumajang. Baru tahun 1917, Desa Cakru masuk Afdeling Jember dampak akibat pelurusan Kali Bondoyudo di titik Tempuran (perbatasan Desa Keting dengan Cakru diujung barat) sebagai pelaksanaan Program Irigasi masa Hindia Belanda (Politik Etis).

Informasi lebih lanjut silakan hubungi: Perpustakaan Boemi Poeger Persada.