Menu Tutup

Selamatan Desa Negoro Rejo Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo Berjalan Lancar

Posted in Probolinggo

Probolinggo – Lintasnusantara.net – Kondusifitas satu wilayah tidak lepas dari berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga dalam setahun kebelakang tidak ditemukan hal yang mengkhawatirkan terlebih dalam setahun kesejahteraan dapat dinikmati oleh Masyarakat setempat.

Kenyataan ini yang dapat disaksikan di Desa Negoro Rejo Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo yang dalam setahun lalu merasakan keberkahan dengan keberhasilan yang dicapai.

Demi mewujudkan rasa syukur terhadap hal ini, maka Pemerintah Desa Negoro Rejo melakukan ritual selamatan desa yang merupakan agenda rutin pada setiap tahunnya, Jumat 14/08/2020.

Menurut Bambang Mulyono S.Sos, Pejabat Sementara (Pj) Kepala Desa Negoro Rejo yang berhasil ditemui disela kegiatan tersebut mengatakan bahwa momen selamatan desa ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahun.

Selain merealisasikan bentuk rasa syukur terhadap anugerah yang diberikan Allah SWT pada desa ini, kegiatan selamatan desa ini juga menjadi ajang silaturohmi antar warga desa Negoro Rejo.” Ujarnya.

Lebih lanjut (Pj) Kades Negoro Rejo, Bambang menambahkan jika anggaran yang digunakan dalam ritual selamatan desa ini selain memanfaatkan kas desa, juga dibantu partisipasi Masyarakat desa setempat. Diharapkan dengan adanya selamatan desa ini, setahun kedepan kondisi desa akan semakin baik.

Terhindar dari bencana, laju pembangunan akan berjalan seperti yang diharapkan dan tentunya kesejahteraan warga akan segera dapat terpenuhi seperti harapan mereka.” Tambahnya.

Sepanjang pantauan awak media, ritual selamatan desa ini yang berlangsung selama 2 hari 2 malam diantaranya dengan menggelar acara 7 gending, selamatan air yang airnya diambil dari Madakaripura.

Kemudian ada Ritual melantunkan Gending Kesenian di pusat Pertapaan Gadjah Mada, pada even ini ada hal yang menarik untuk diikuti yakni dengan tampilan 14 buah ancak kecil yang diisi dengan nasi dan lauk pauknya.

Ini sebagai simbol bahwa kami warga Negoro Rejo ikhlas dan bersyukur atas segala keberkahan yang kami terima.” Ujar salah satu perangkat desa seperti disampaikan pada media ini.

Puncak kegiatan ritual selamatan desa Negororejo ini dengan ditampilkannya Ancak berukuran besar dan secara bersama dinikmati oleh Masyarakat desa tersebut.

Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi tradisi leluhur yang selalu dilaksanakan oleh warga demi terciptanya kondisi desa yang aman dan rasa terimakasih atas keberkahan yang diterima selama ini dari Yang maha Kuasa.” Pungkas Pj. Kepala Desa Bambang Mulyono S.sos.

Penulis : Eko
Publisher: Sayadi H

Related Posts

%d blogger menyukai ini: