Menu Tutup

Situs Ledokombo Dan Sabuk Gunung Raung Bagian Pertama, Tinjauan Terhadap Keberadaan Situ Thoh Sape Ledokombo

Posted in Nasional, Sejarah

Oleh
Y. Setiyo Hadi
Pegiat Sejarah
Boemi Poeger Persada

Wilayah Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo Kab. Jember, dalam bulan Juli 2020 M ini menarik perhatian Nasional karena temuan struktur batu bata kuno yang diduga patirtan di gumuk belakang kanto desa Ledokombo.

Temuan struktur batu bata Kuno di Ledokombo, oleh masyarakat lokal dikenal lokasi tersebut dengan sebutan Tho Sape (Batu Sapi), merupakan sesuatu yang istimewa. Hal istimewa yang membuka peluang terkuaknya masa lalu Jember secara terbuka.

Warga sekitar situs menyebut lokasi tersebut dengan sebutan Tho Sape atau Batu Sapi. Beberapa sesepuh desa tersebut yang sempat ditemui penulis menyebutkan bahwa di lokasi tersebut pernah ada Patung Sapi yang telah hilang karena dicuri pada tahun 1970-an.

Situs Tho Sape Ledokombo berada dalam radius 30 km dari kawah Gunung Raung. Situs Tho Sape terletak sekitar 17,5 km dari kawah Gunung Raung ke arah barat (terletak di sisi barat Gunung Raung. Wilayah radius 30 km dari kawah G. Raung yang meliputi tiga kabupaten (Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi) yang menjadi Sabuk Gunung Raung.

Temuan struktur batu bata, dilihat dari ukuran dan bentuknya, memiliki kesamaan dengan yang ditemukan pada beberapa lokasi di Bondowoso yang masuk radius sabuk Gunung Raung (radius 30 km dari kawah G Raung).

Berdasarkan informasi Bpk Herry Kusdaryanto (bidang sejarah dan cagar budaya Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kab. Bondowoso), temuan di Ledokombo ini ada kesamaan temuan di beberapa lokasi di Bondowoso, seperti: di Cerme (Ramban Kulon), Prajekan, Wonosari, dan Tapen.

Begitu pula di sekitar Ledokombo, di beberapa desa yang berbatasan langsung dengan desa Ledokombo berdasarkan keterangan warga sekitar, juga ditemukan berbagai peninggalan yang mirip ditemukan di Situs Tho Sape Ledokombo. Seperti yang terdapat di wilayah desa Sumbersalak.

(Bersambung ….. Ke bagian 02)
Publisher : Sayadi H

Related Posts

%d blogger menyukai ini: