Sukseskan Adiwiyata, SMPN 4 Solear Tampilkan Hydrophonic dan Flora Fauna

Rep. Team lintas banten

Lintasnusantara.net-Tangerang- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Solear, turut serta mensukseskan Adiwiyata tingkat Kabupaten. Meski di tengah Pandemi Covid-19, namun pihak sekolah tetap semangat dan antusias mengikutinya, program tersebut di selenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab Tangerang, (17/03/21).

Kebersihan lingkungan serta kenyamanan menjadi Prioritas SMPN 4, sudah menjadi hal utama dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, dengan mengangkat Tema “SEKOLAH HIJAU, ASRI, INDAH, BERSIH, SEHAT DAN NYAMAN” serta menjadi salah satu tempat belajar pilihan untuk masyarakat sekitarnya.

Sekolah yang baru berdiri beberapa tahun tersebut, tidak hanya memberi kenyamanan kepada para Siswanya, namun juga terhadap para pengajarnya, hal tersebut di benarkan oleh Drs. Suardi M.pd Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 4, menuturkan kepada Awak media.

“Saya dan para pengajar/guru di SMPN 4 ini, sangat antusias mengikuti adiwiyata ini, dan kami merasa bangga karna terpilih menjadi salah satu peserta dalam ajang kontestasi yang di selenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang,” Tuturnya.

Lanjut Suardi mengatakan, SMPN 4 adalah 1 (Satu) dari 20 (Dua puluh) peserta yang mengikuti Adiwiyata, meskipun dengan keterbatasan Anggaran yang notabenenya belum terkucur, namun dengan semangat dan kerja sama Team guru, akan bisa tertanggulangi.

“Kami adalah salah satu dari 20 peserta kontestan yang mengikuti lomba Adiwiyata tingkat Kabupaten, ada 3 peserta yang gugur dalam kontes ini, dan kontes ini merupakan tiket menuju tingkat Provinsi dan selanjutnya tingkat Nasional, saat ini kami sangat Optimis mengikutinya meskipun keterbatasan Dana, karna memang anggarannya belum Turun dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang,” Ungkap Drs. Suardi M.pd.

Hal unik yang disajikan dalam kontes penghijauan SMPN 4 yakni, tanamam Hydrophonic, Flora fauna, dan Budidaya Ikan lele, di sebutkan M Nanang Suryana S.ag.M.si Wakil Kepala Sekolah (WAKASEK) SMPN 4 dan Ketua Team Adiwiyata, Eli Puspa Ningsih S.Pd

“Kontes Adiwiyata kali ini ditengah Pademi, kami sajikan Tanaman Hydrophonic, Flora Fauna meskipun hanya burung merpati, dan Budidaya Ikan lele. Kemudian selain itu mandi Cuci Kakus (MCK) juga kami buat senyaman mungkin, Paparnya.

Diketahui SMPN 4 berada di desa Pesanggrahan, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang Banten, saat ini selain mengikuti kontes Adiwiyata. Pihak Sekolah juga mentargetkan menjadi Sekolah terbaik, kemudian untuk menjadikan hal tersebut pihak sekolah berupaya agar bisa menambah ruang kelas, namun dengan keterbatasannya saat ini, perlu adanya Perhatian, agar dapat mencapai tujuannya.

Editor. Jaks