TERUNGKAP!!! Pendataan Awal Penyaluran BANSOS, Finalnya KELURAHAN dan KECAMATAN.

Reporter. Team Linnus

Lintasnusantara.net-Tangerang- Lebih kurang satu tahun sudah Pandemi Covid-19 bertahan di Indonesia, sehingga Pemerintah pusat dan daerah saling bahu membahu agar bencana kesehatan segera bisa teratasi, bahkan dampaknya pun sangat dirasakan masyarakat indonesia. Dengan diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hingga akhirnya banyak perusahaan gulung tikar dan PHK besar pun terjadi.

Untuk mengantisipasi krisis ekonomi berkepanjangan, Pemerintah menggelontorkan Dana subsidi, yang nantinya akan disalurkan melalui kementrian. Salah satunya Kementrian Sosial (KEMENSOS), Lembaga instansi kepanjangan Pemerintah tersebut, mempunyai peran penting dalam menyalurkan bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi.

Ada beberapa tugas penting Kemensos dalam menyuplai bantuan kepada masyarakat, yakni melalui data yang didapat dari tingkat RT, RW, Kelurahan/Desa, kemudian terakhir Kecamatan lalu data tersebut naik ke Dinas Sosial tingkat kabupaten, hal itu di jelaskan oleh (Anti) Salah satu Kepala Seksie (Kasie) Data kabupaten Tangerang melalui Awak media.

“Mekanisme penyerahan Data warga yang akan mendapat bantuan sosial Covid-19 maupun bantuan lainnya, berawal dari tingkat RT, Rw, Kelurahan/Desa, Kecamatan, Finalnya ada di Kecamatan, setelah itu Data yang sudah masuk, kami Olah, yaitu kami cocokan dengan data di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),” Terang Anti.

Teknis pendataan awal sensus penduduk, dalam pelaksanaannya bermula dari tingkatan RT, RW, Desa/Kelurahan, Kabupaten/Kota hingga naik ke Provinsi, faktanya bantuan yang di salurkan untuk Masyarakat, banyak yang tidak tersampaikan dan tidak tepat sasaran.

Editor. Jaks