Menu Tutup

Upacara HUT RI Dilaksanakan Secara Unik Di Gumukwatu Desa Dukuh Dempok

Posted in Jember

JEMBER – Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, berbagai kegiatan dilakukan oleh masyarakat dengan penuh  semangat.

Seperti yang dilakukan di Desa Dukuh Dempok Kec Wuluhan Kabupaten Jember, Warga desa dan Perangkat Desa melaksanakan Upacara dalam.memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan cara yang unik, dengan pakaian adat Jawa dan dilaksanakan di atas bukit yang disebut sebagai Gumuk Watu.

Dipimpin oleh Babinsa Dukuh Dempok Serda Darminto, kegiatan dilakukan sesuai dengan waktu pelaksanaan secara nasional, pada 17/08/2020 Pukul 10.00 Wib, tepat pukul 10.17 sampai dengan 10.20 wib, dilakukan sikap sempurna menghormati detik detik Proklamasi, secara keseluruhan kegiatan dilakukan dengan hidmad.

Selesai upacara dilakukan lomba tradisional diantaranya lomba makan kerupuk, lomba balap karung dan lain-lain, memperebutkan doorprize menarik yangntelah disediakan.

Menurut Danramil 0824/23 Wuluhan Kapten Inf Suwarno, acara yang dilakukan tersebut memang sudah menjadi tradisi dalam setiap tahunnya, sehingga kita hanya menekankan agar melakukan sesuai dengan pedoman yang ada dalam melaksanakan  upacara,  serta memperhatikan keselamatan peserta.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, menyikapi kegiatan tersebut manyatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan perangkat desa dan masyarakat yang melakukan kegiatan seperti ini, ini bagian dari wujud rasa cinta tanah air yang dilakukan oleh warga masyarakat, dengan cara mereka yang unik, sekaligus melestarikan adat budaya Jawa. (Siswandi)

Related Posts

%d blogger menyukai ini: