Menu Tutup

Warga Kelurahan Pasar Bawa Kab. Lahat Berduka, Puluhan Rumah Warga Hangus Terbakar

Lintas Sumsel Minggu, 04 Oktober 2020 Lahat

Posted in Lahat

Lahat — Sumatera Selatan, lintasnusantara.net – Telah terjadi kebakaran di area pemukiman padat penduduk dikelurahan Pasar bawa Lahat. Tempat kejadian kebakaran dilokasi RT 04 dan RW 03, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Prov. Sumatera Selatan, pada Hari Minggu, pukul 15:00 WiIB (04/10/20). Akibat musibah yang menimpah saudara kita di lahat ini ” puluhan rumah warga hangus terbakar dilalap sijago merah dan membuat ratusan masyarakat sekitar panik berhamburan keluar rumah.

Menurut Adi, salah satu warga setempat mengatakan, kejadian kebakaran ini terjadi sekitar jam 15.00 WIB saat menjelang Azan Zuhur berkumandang dan api mulai padam 17.40 WIB. Dugaan pertama dikarenakan konsleting listrik.

“Bersyukur, api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian sekitar jam lima sore, berkat kerja keras para warga setempat yang bersama sama gotong royong dengan alat seadanya berjibaku memadamkan api dengan dibantu pihak pemadam kebakaran (Damkar)” ungkapnya adi.

Atas kejadian musibah kebakaran tersebut, ” Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto mengatakan, meminta kepada Camat Lahat, Lurah dan Ketua RT setempat, agar langsung mendirikan Posko Kesehatan, Dapur Umum dan menyediakan tenda-tenda untuk pengungsian warga yang mendaptkan musibah.

“H. Haryanto menyampaikan, disini kami dari pihak Pemerintah Kabupaten Lahat mengucapkan ribuan terimakasih kepada pihak Pemadam Kebakaran Kabupaten Muara Enim, Pemadam Kebakaran Kota Pagaralam, pihak Perusahaan dan warga setempat yang mana telah banyak bersama sama membantu didalam musibah ini,” terangnya.

H. Haryanto juga menerangkan, menurut data yang dapat sementara berasil kami himpun” jumlah rumah warga yang terbakar ada 69 rumah yang terdiri dari RT 03, 04, 05 dan 06 dengan jumlah 100 KK dengan 480 jiwa keluarga”, ungkapnya.

Terjun langsung dalam musibah tersebut, Wakil Bupati Lahat, Dandim 0405 Lahat, Anggota DPRD Dapil Lahat I, Unsyur Muspida, Camat Lahat dan disusul kedatangan Bupati Lahat Cik Ujang, SH sekira pukul 18:00.

Atas musibah kebakaran ini yang menimpa puluhan rumah warga Kelurahan pasar bawa Lahat tersebut, diperkirakan mengalami kerugian materi diperkirakan hingga puluhan miliyar rupiah. (R’fc)

Posted in Nasional

%d blogger menyukai ini: