Warga Senang, Pemdes Penyandingan OKI Resmi Serahkan Buku Rekening dan ATM KPM BLT DD

Ogan Komiring Ilir, lintasnusantara.net – Sempat mengeluhkan tertundanya pembagian BLT DD tahun 2021, kini warga Desa Penyandingan Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bisa tersenyum lega lantaran mereka telah menerima buku rekening BNI beserta kartu ATM atas nama masing-masing KPM.

Bertempat di kediaman Kaur Keuangan/ Bendahara Desa Teguh, pembagian buku rekening dan ATM tersebut diserahkan langsung oleh PLh Kades Penyandingan OKI Zaharuddin didampingi Sekcam Teluk Gelam Fikrul Hakim, Kamis (9/9) sekitar pukul 15.00 WIB.

Acara penyerahan berlangsung khidmat dan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Hadir dalam acara tersebut Camat Teluk Gelam H. Saparuddin yang diwakili oleh Sekcam Teluk Gelam, para Perangkat Desa Penyandingan, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, serta masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Zaharuddin mengatakan berhubung hari sudah sore dan singkatnya waktu maka pembagian buku rekening dan ATM hari ini dilakukan secara simbolis kepada beberapa warga saja dan akan dilanjutkan esok hari oleh Ketua BPD setempat.

“Alhamdulillah, akhirnya hari ini pembagian buku rekening dan ATM BNI bagi warga penerima BLT DD tahun 2021 bisa terlaksana sebagaimana harapan masyarakat. Namun pembagian ini hanya bisa secara simbolis dikarenakan waktu yang tidak memungkinkan (sudah sore) dan dilanjutkan esok hari oleh Ketua BPD Yulian. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi keluarga penerimanya”, ujarnya.

Sementara itu, Sukri warga Dusun lll Desa Penyandingan selaku salah satu KPM penerima BLT DD tahun 2021 mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Pemdes Penyandingan OKI yang telah bersusah payah mengupayakan agar masyarakat (KPM) bisa menerima buku rekening dan ATM yang sempat mengalami masalah NIK sehingga menyebabkan penyerahannya menjadi tertunda.

“Kami sangat senang, akhirnya buku rekening dan ATM ini sudah kami terima. Terimakasih kepada semua pihak terkait khususnya Pemdes. Kami sudah lega sekarang, ternyata apa yang diisukan itu tidaklah benar. Kami mewakili masyarakat lainnya mohon maaf kepada Pemdes dan sekali lagi kami ucapkan terimakasih”, ungkapnya bahagia.

Terpisah, Kades Penyandingan OKI Septian Syarief, yang telah cuti sejak bulan Juli lalu ini akhirnya angkat bicara soal isu Pemdes sengaja menunda pembagian BLT DD untuk modal Pilkades.

Septian Syarief menegaskan bahwa hal tersebut tidaklah benar. Menurutnya, majunya dirinya dalam Pilkades bulan Oktober mendatang tidaklah mengganggu Pemerintahan Desa apalagi hingga merugikan rakyatnya.

“Saya atas nama Pemdes Penyandingan OKI, menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat atas keterlambatan dalam pembagian BLT DD tahun 2021 ini. Hal ini murni terjadi karena adanya kesalahan data (NIK warga) hingga memerlukan waktu pengurusan pemberkasan. Alhamdulillah akhirnya, permasalahan tersebut telah terselesaikan sehingga penyerahan buku rekening dan ATM bisa terlaksana hari ini”, jelasnya via telepon selulernya, Kamis (9/9) malam.

Lebih lanjut dikatakannya, sekali lagi Saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat (KPM) atas keterlambatan ini. Sungguh tidak ada sedikitpun niat untuk menunda apalagi sampai menghambatnya.

“Di sini perlu saya jelaskan, total penerima BLT DD tahun 2021 yang semula 100 orang kini hanya berjumlah 99 KPM, ada 1 orang yang terpaksa dibatalkan lantaran warga tersebut telah tercatat sebagai KPM BPNT”, tandasnya tegas.

Dengan diserahkannya buku rekening dan kartu ATM tersebut, sambung Septian, maka para KPM BLT DD sudah bisa melakukan penarikan/pencairan dana kapanpun dan di manapun sesuai keinginan mereka.

“Jadi, di dalam rekening tersebut telah berisikan dana BLT DD sebesar Rp. 2.400.000 full tanpa ada potongan sepersenpun. Dana tersebut terhitung sejak Januari hingga Agustus 2021 atau setara dengan 8 bulan @ Rp. 300.000/ bulannya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu meringankan beban warga setempat yang terdampak pandemi Covid-19”, pungkasnya. (Fc)